Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar aksi kemanusiaan dalam rangka memperingati HUT ke-79 yang dipusatkan di posko pengolahan Water Sanitation Hygiene Promotion (WASH), Kampung Tegal Kadu, Desa Sirnajaya, Kecamatan Serang Baru.

"Selesai apel HUT ke-79 PMI dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial menyasar masyarakat sekitar," kata Ketua PMI Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan PMI Kabupaten Bekasi mengisi momentum peringatan HUT ke-79 dengan inisiasi sejumlah kegiatan aksi kemanusiaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi tinjau anak stunting di Desa Sriamur dan Karangsatria

Aksi kemanusiaan diawali dengan pelayanan khitanan massal bagi 20 anak yang berasal dari keluarga tidak mampu dan dilanjutkan dengan penyaluran bantuan sembako kepada warga lansia serta pemeriksaan kesehatan gratis.

"Kami melaksanakan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dengan kuota 100 orang, kemudian pembagian bantuan sembako. Ini sebagai bagian dari bakti dan ucapan terima kasih kepada masyarakat sekitar," katanya.

Kosasih menyebutkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terselenggara atas kerja sama dengan klinik PMI didukung unit donor darah serta para relawan dari Markas PMI Kabupaten Bekasi.

"Pelayanan kesehatan ini melibatkan empat dokter, mudah-mudahan bermanfaat untuk menjaga kesehatan masyarakat," ucapnya.

Baca juga: PMI Bekasi tanam seratusan pohon di DAS Ciherang kurangi risiko bencana

Pihaknya pada masa tanggap darurat bencana kekeringan ini juga berupaya optimal menyalurkan bantuan air dengan menyediakan layanan air bersih dan air minum yang diproduksi secara mandiri untuk membantu warga di sejumlah wilayah terdampak.

"Melalui Posko WASH ini, PMI turut berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam menghadapi bencana kekeringan. Mudah-mudahan kebutuhan air bersih masyarakat terdampak kekeringan dapat terpenuhi," katanya.

Sementara itu warga Kampung Tegal Kadu, Acah (32) menyampaikan rasa terima kasih dan syukur usai mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang diselenggarakan PMI Kabupaten Bekasi.

"Kebetulan saya lagi sakit asam urat dan anak saya sakit demam, pas tadi datang ke pemeriksaan kesehatan gratis ini. Bermanfaat sekali ada PMI di Tegal Kadu, tadi juga petugasnya baik dan ramah," katanya.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi latih petugas dan relawan operasikan alat pengolahan air

Warga lain, Ani (35) yang juga merasakan manfaat tersebut mengatakan bahwa selain memperoleh layanan kesehatan gratis, dirinya bersama warga sekitar posko WASH mengaku terbantu dengan kehadiran fasilitas pengolahan air ini.

"Semenjak ada PMI di sekitar sini, selama kekeringan ini ada air gratis untuk membantu warga dekat sini. Air untuk dikonsumsi, kalau untuk mandi dan lain-lain alhamdulillah di sekitar sini masih ada air, walaupun keluar dari kran sedikit," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024