Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menerima kunjungan kerja dari perwakilan World Bank atau Bank Dunia dalam rangka memberikan dukungan atas pengelolaan sampah terpadu di wilayah itu.
 
Kunjungan kerja ini sekaligus menindaklanjuti program Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat yakni 'Improvement of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities'.
 
"Program berskala nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia," kata Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi di Cikarang, Jumat.

Baca juga: DLH Bekasi angkut tumpukan sampah di bahu Jalan Perjuangan
 
Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi menyambut baik atas dukungan berbagai sarana dan prasarana dari pemerintah pusat maupun Bank Dunia dalam hal pengoperasian Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di wilayah Kertamukti, Kecamatan Cibitung.
 
Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan akan melengkapi berbagai arahan maupun instrumen seperti perjanjian kerja sama yang dibutuhkan untuk optimalisasi pengelolaan sampah terpadu tersebut.
 
"Mudah-mudahan ini titik awal dalam hal penanganan masalah sampah di Kabupaten Bekasi. Karena masalahnya sangat beragam," katanya.
 
Baca juga: Pemkab Bekasi susun rencana aksi pengelolaan sampah
 
Dedy mencontohkan persoalan sampah yang sempat sampai ke laut diakibatkan manajemen pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir pada aliran sungai yang melintasi berbagai wilayah kota dan kabupaten.
 
"Persoalan lain seperti pengelolaan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Sampah) Burangkeng yang sejak tahun lalu sudah overload," katanya.
 
Dirinya menyebutkan melalui dukungan pemerintah pusat serta berbagai pihak terkait pengelolaan sampah, persoalan seperti itu diharapkan dapat dicegah dan tidak terjadi kembali.

Baca juga: Pemkab Bekasi canangkan kelola sampah organik di setiap kecamatan hingga desa
 
"Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih. Kami berkomitmen dan konsisten, apapun yang menjadi kebutuhan pemerintah pusat dalam hal ini BPPW Jabar maupun World Bank, kami akan mengupayakan penanganan sampah di Kabupaten Bekasi betul-betul bisa kami kelola dengan baik," kata dia.
 
Setelah menuntaskan rapat koordinasi, pihaknya bersama Tim BPPW Jawa Barat, Bank Dunia, serta perwakilan dari Kemendagri RI langsung turun ke TPST Kertamukti di Kecamatan Cibitung untuk peninjauan lokasi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024