Atlet asal Kabupaten Bekasi Raqiel Az-Zahra membuka keran emas di cabang olahraga selam kolam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 untuk kontingen Provinsi Jawa Barat.
 
Remaja putri asal Bumi Swatantra Wibawa Mukti itu sukses menjadi yang tercepat di nomor selam kolam 100 meter bifins di Kolam Tirta Raya Banda Aceh pada hari pertama perlombaan cabang itu digelar yakni Rabu (11/9).
 
"Raihan emas dengan catatan waktu tercepat itu pun sekaligus menjadi pembuka yang baik bagi atlet Jawa Barat yang saat ini tengah berlaga di nomor perlombaan tersebut," kata Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Bekasi Abdul Halim, Kamis.

Baca juga: Atlet muaythai Kabupaten Bekasi borong empat medali emas PON untuk Jabar
 
Raqiel Az-Zahra juga berpeluang menambah pundi-pundi emas setelah keluar sebagai pemuncak klasemen sektor putri dalam babak penyisihan nomor 200 meter bifins, mengungguli tujuh peserta dari beberapa provinsi lain.
 
Raqiel Az-Zahra menjadi peserta dengan catatan waktu tercepat yakni 1 menit 54,82 detik. Posisi kedua ditempati Maysaretta Aura Van Gobel asal Banten dengan catatan waktu 1 menit 55,37 detik, diikuti Syabilla Rizkia Raharja asal Jawa Tengah dengan 1 menit 55,57 detik.
 
Kemudian Nasya Wijaya asal DKI Jakarta 1 menit 55,97 detik, Nafa Amadea asal Jawa Timur 1 menit 56,59 detik, Jasmine Alexandra Stalker asal Papua 1 menit 56,72 detik, Della Sofiatus Saada asal Aceh 1 menit 58,36 detik, dan Ni Nyoman Bintang W Ningsing asal Bali 1 menit 58,60 detik.
 
Baca juga: Jabar tanpa "kasusah" ke final bulu tangkis beregu putri
 
"Sampai saat ini, atlet kita yang tengah memperkuat Jabar di PON masih on progres. Raihan emas terbaru dari perlombaan selam kolam, Raqiel," katanya.
 
Tidak hanya medali emas, medali perak dan perunggu juga diraih atlet Kabupaten Bekasi. Cabang olahraga panjat tebing menjadi salah satu penyumbang medali meski masih mendapatkan perunggu dari nomor Combined Mix.
 
"Bim sigrid dari panjat tebing nomor combined mix juga sudah menunjukkan kemampuannya," katanya.
 
Tasya Ayu Puspa Dewi dari cabang wushu juga mampu mempersembahkan penampilan terbaik dengan meraih medali emas untuk Jawa Barat di nomor nanquan putri. Begitu pula di cabang berkuda nomor equestrian dengan satu medali emas untuk sementara.

Baca juga: Perenang asal Bekasi sumbang empat medali PON untuk Jawa Barat
 
"Saat ini beberapa atlet kita akan menghadapi final. Mohon doa semoga atlet kita yang tengah memperkuat Jawa Barat mampu meraih hasil terbaik bagi Jawa Barat, dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Bekasi," kata dia.
 
Dengan hasil tersebut, Kabupaten Bekasi hingga Kamis (12/9) pukul 17.00 WIB mempersembahkan 28 medali dengan rincian 13 emas, enam perak, serta sembilan perunggu. Medali emas dari cabang paramotor, renang perairan terbuka, dayung, muay thai, menembak, selam kolam, berkuda, dan wushu.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024