Bogor (Antara Megapolitan) - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Kementerian Pertanian mencanangkan tanggal 24 Juli 2017 sebagai Hari Florikultura Indonesia yang akan menjadi momentum kebangkitan tanaman hias nusantara.

"Pencanangan Hari Florikultura Indonesia akan dilaksanakan di Jakarta bertempat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, bersamaan diluncurkanya Florikultura Indonesia 2017," kata Panitia Florikultura Indonesia, Syarifah Iis Aisyah, usai audiensi dengan Wali Kota Bogor, di Balai Kota, Selasa.

Syarifah menjelaskan, Florikultura Indonesia merupakan pengembangan dari Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) yang diinisiasi oleh IPB sejak tahun 2013.

FBBN menjadi alat kampanye untuk memajukan industri buah dan bunga nusantara, mengurangi impor dan mengajak masyarakat untuk mencintai buah dan bunga dari dalam negeri.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo menghadiri FBBN tahun 2015 meminta agar kegiatan tersebut ditingkatkan menjadi taraf internasional. Dan dibuat terpisah antara buah dan bunga agar memiliki kegiatan masing-masing.

"Tujuannya agar lebih fokus terhadap isu masing-masing," kata Syarifah.

Syarifah menjelaskan, Florikultura Indonesia 2017 merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong kebangkitan industri florikultura di Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenko Perekonomian, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor, Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo), Himpunan Mahasiswa Agrobomi dan Holtikultura IPB (Himagron IPB), Agrisocio, dan Himpunan Alumni Agronomi IPB (HAAI).

Florikultura Indonesia 2017 berlangsung selama tiga hari, dirangkai beberapa kegiatan dimulai dari tanggal 24 Juli sebagai pencanangan dan peluncuran Hari Florikultura Indonesia yang berlangsung di Jakarta.

"Selain pencanangan akan ada temu wicara dan dialog," katanya.

Dilanjutkan tanggal 29 Juli di Kota Bogor akan ada seminar tentang tanaman hias, dan puncaknya tanggal 30 Juli akan ada Festival Florikultura Indonesia berupa pawai mobil hias mengelilingi Kebun Raya Bogor.

"Selain pawai mobil hias ada banyak kegiatan lainnya seperti bursa pertanian, bursa kuliner, aneka lomba, fashion show, talkshow, dan marching band," kata Syarifah.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017