Ratusan siswa sekolah dasar negeri di Kabupaten Karawang, Jabar, mendapatkan makanan bergizi gratis dalam peluncuran Program Gerakan Edukasi Pemberian Pangan Bergizi Siswa (Genius) yang digulirkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Karawang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, Sri Rohani, di Karawang, Senin, mengatakan program yang digulirkan itu merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan generasi emas dengan tujuan membentuk anak-anak yang sehat, kreatif, dan produktif.

“Kegiatan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa adalah bagian dari upaya mendukung peningkatan kualitas SDM Generasi Emas 2045," katanya.

Baca juga: Gibran ungkap uji coba makan bergizi gratis didanai oleh swasta

Ia menyampaikan, seiring dengan pentingnya peran protein hewani dalam pemenuhan gizi, maka pemberian pangan bergizi dalam Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa itu utamanya berbahan dasar sumber protein hewani.

Melalui program itu diharapkan anak-anak sehat dengan menu yang bergizi, sekaligus memberikan edukasi mulai makan yang bergizi.

Adapun siswa yang mendapatkan makanan bergizi program Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa di Karawang berjumlah 685 siswa, terdiri atas 281 siswa SDN Plawad 1, 270 siswa SDN Plawad II, dan 134 siswa SDN Plawad III.

Baca juga: Heru Budi terharu dengar salah satu murid SD ingin bawa pulang makanan bergizi

"Melalui program ini juga sekaligus mengingatkan agar anak-anak selalu meningkatkan protein hewani dalam konsumsi makanannya. Jadi program itu digulirkan dengan menghadirkan para wali siswa, agar mereka juga teredukasi. Sehingga program ini bisa berlanjut di rumah masing masing,” katanya.*

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024