Sebanyak 1.288 orang mahasiswa baru Universitas Jambi (Unja) dinyatakan lolos pada seleksi penerima beasiswa program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) TAHUN 2024.

Koordinator Humas Unja Mochammad Farisi di Jambi Minggu mengatakan, Unja telah selesai melaksanakan proses seleksi mahasiswa penerima program KIP-K angkatan 2024.

Proses seleksi sudah dimulai sejak 23 Juli sampai dengan 29 Juli 2024 pada seluruh jalur masuk Perguruan Tinggi, yaitu SNBP, SNBT, dan SMMPTN-Barat.

Adapun jumlah pendaftar program KIP-K Unja 2024 sebanyak 2.623 mahasiswa yang terdiri atas 786 mahasiswa jalur SNBP, 1.379 jalur SNBT, dan 458 mahasiswa dari jalur SMMPTN-Barat.

Baca juga: Rektor UIN Datokarama: Penyaluran beasiswa KIP Kuliah harus tepat sasaran
Baca juga: UIKA sediakan beasiswa kuliah gratis plus uang saku khusus warga Bogor

Dari total pendaftar, sebanyak 2.363 calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran ulang. Sehingga hanya dokumen 2.363 mahasiswa itu yang kemudian diseleksi oleh tim pelaksana program KIP-K Unja.

Tim seleksi melakukan verifikasi dan validasi data pendaftar hingga mengecek langsung ke lokasi kediaman calon mahasiswa untuk memastikan kebenaran data yang diberikan kepada panitia.

Rektor Unja Prof Helmi mengatakan, selama proses seleksi berlangsung juga turun langsung ke lapangan meninjau dan memvalidasi data calon mahasiswa yang mendaftar.

Rektor melakukan visitasi langsung ke lokasi tempat tinggal calon mahasiswa penerima KIP-K guna memastikan keadaan ekonomi keluarganya.

Baca juga: Kemendikbud: Skema baru KIP kuliah 2021 naik signifikan

Dari kriteria dan kuota yang ditetapkan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, hanya memberikan 1.288 mahasiswa yang lolos seleksi.

Sebanyak 1.288 mahasiswa yang dinyatakan lolos itu terbagi berdasarkan program studi terakreditasi A sebanyak 454, prodi akreditasi B 774, dan prodi akreditasi C sebanyak 60 mahasiswa.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024