Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mempersiapkan kampung budaya berbasis Bahasa Sunda dan Bahasa Inggris di Kecamatan Wanayasa untuk pengembangan potensi wisata di daerah tersebut.

"Daerah yang diproyeksikan menjadi Kampung Sunda Inggris ini ialah Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa. Daerah itu terkenal dengan panorama alamnya yang indah," kata Bupati setempat Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan persiapan untuk mewujudkan kampung budaya berbasis Bahasa Sunda dan Bahasa Inggris atau Kampung Sunda-Inggris.

Di antara persiapannya ialah dengan mengikutsertakan warga setempat mengikuti pelatihan Bahasa Inggris.

Bupati mengaku ingin daerahnya memiliki perkampungan yang memenuhi standar internasional.

Jadi, tak hanya menjual panorama keindahan alam yang ditawarkan kepada wisawatan mancanegara. Tetapi, juga menyuguhkan masyarakat yang pandai berbahasa Inggris.

Daerah itu dipilih menjadi Kampung Sunda Inggris, karena di daerah itu memang ada sejumlah perkampungan yang masih memegang budaya tradisional Sunda, seperti, di Kampung Kahuripan, Desa Cihanjawar.

Ia berharap agar ke depannya daerah itu menjadi incaran wisatawan mancanegara bagi mereka yang ingin mengisi liburan di wilayah Jawa Barat.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017