Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) merupakan salah satu garda terdepan pengamanan pemungutan suara saat pemilihan umum (pemilu).

"Personel Satlinmas mempunyai peran penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan saat pemungutan suara di tempat pemungutan suara," katanya di Sukabumi, Minggu.

Menurut Kusmana, tugas seorang personel Satlinmas tentu tidaklah ringan, mereka harus selalu siap siaga tidak hanya sebatas pengamanan saat hari H pelaksana pemungutan suara, tetapi juga ikut mengawal distribusi logistik, membantu masyarakat yang ingin ke TPS hingga memastikan keamanan sampai selesai perhitungan suara.

Selain itu, personel Satlinmas pun harus mampu berkoordinasi dengan tim pengamanan lainnya baik unsur Polri dan TNI maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Tidak hanya itu saja, mereka pun harus siap siaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bencana.

Tentunya, mereka harus benar-benar siap segala sesuatunya serta selalu menjaga kesehatan karena dalam menjalankan tugas khususnya pada saat Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sukabumi akan menguras stamina.

"Kami mengimbau Satlinmas ikut berperan aktif dalam upaya mewujudkan Pilkada Kota Sukabumi yang aman, tertib dan damai dengan cara melaksanakan tugas sesuai kewenangan yang diberikan," tambahnya.

Di sisi lain, Kusmana mengatakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Satlinmas dalam pengamanan pilkada, saat ini di setiap kelurahan tengah diadakan bimbingan teknis (bimtek) pengamanan pilkada yang diikuti oleh ratusan personel Satlinmas.  

Tujuan dari kegiatan ini agar personel Satlinmas semakin memahami tugas serta kewenangan mereka terutama dalam menjaga keamanan serta ketertiban khususnya di TPS. Seperti diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menetapkan jumlah TPS pada Pilkada Kota Sukabumi dan Pilgub Jabar 2024 sebanyak 523 unit. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024