Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan program promosi wisata di lintas perbatasan (cross border) menjadi salah satu cara untuk menggaet minat kunjungan wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti di Batam, Kamis mengatakan dengan program promosi wisata di lintas perbatasan negara juga merupakan bentuk dukungan dan kolaborasi antar kedua negara, yaitu Kepri dan Johor Bahru.

"Kita mantapkan kerja sama ini dengan baik, agar ke depan saling serang-menyerang (promosi produk). Kawan-kawan travel agen Johor silakan ke Kepri. Travel agen Kepri silahkan ke Johor. Jadi ini simbiosis mutualisme yang menguntungkan bagi kedua negara," ujar Guntur.

Baca juga: Kepri menjadi hub wisata olahraga golf Indonesia
Baca juga: Kadispar Kepri tegaskan wisatawan berkunjung ke Pulau Penyengat tidak dipungut biaya

Ia menyampaikan wilayah wisata di lintas perbatasan yang memiliki potensi besar di Provinsi Kepri terdiri dari Batam, Bintan dan Tanjungpinang.

"Acara promosi pariwisata ini juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dari Batam ke Johor Baru dan sebaliknya, mempererat hubungan kedua wilayah, dan memberikan manfaat ekonomi bagi kedua belah pihak," kata dia.

Pengerusi Jawatankuasa Perpaduan, Warisan Budaya Negeri Johor Tuan Raven Kumar mengatakan program promosi wisata ini menampilkan berbagai paket wisata, mulai dari wisata belanja, kuliner, wisata alam, budaya hingga paket wisata kesehatan dan penginapan.

Baca juga: Pulau Penyengat ditargetkan jadi destinasi wisata berbasis budaya di Kepri

Kemudian, paket wisata juga disediakan bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan bisnis (B2B).

Lebih lanjut Raven menyampaikan sudah banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Johor Bahru, yaitu untuk berbelanja dan bermain di kawasan Legoland dan Desaru Coast.

"Tempat ini menjadi singgahan yang wajib pelancong Indonesia," kata dia.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024