Atlet berkuda yang membela klub HSA Equestrian, Dirga Wira Ramadhan Sahputra, sukses memenangi kejuaraan berkuda Piala Kemenpora pada ajang Indonesian Grand Prix 2024, di Arthayasa Stable, Depok, Minggu.

Dari tujuh peserta yang turun bertanding di kelas utama, yakni rintangan setinggi 140 centimeter, Dirga mencatatkan waktu 77,91 detik, dengan nol time penalty, dan empat jump penalty, sehingga menghasilkan total empat penalty.

Pesaing terdekat Dirga, yakni Sertu Riko Ganda Febryyanto, mencatatkan waktu yang lebih baik yakni73,95 detik, tetapi ia terkena delapan jump penalty, sehingga menghasilkan total empat penalty.

“Kalau melihat persaingan, berat semuanya berat. Apalagi saya baru lagi di kelas 140 (cm), yang penting tetap fokus saja,” kata Dirga saat ditemui usai pertandingan.

 Baca juga: Atlet berkuda sumbangkan emas Porprov pertama Kabupaten Bekasi

Dirga mengatakan dirinya tidak memiliki rahasia apa-apa untuk dapat dapat menjadi pemenang, selain fokus berlatih dan mengenali kuda yang akan ditungganginya.

“Kalau saya dalam sepekan enam hari berlatih. Jadi di hari pertama bawa kudanya jalan-jalan, lihat situasi. Hari kedua baru agak sedikit dikerjain kudanya, hari ketiganya kita main gymastic dan lain-lain. Hari keempat kita bikin kudanya rileks, hari kelimanya bikin kaki belakangnya hidup lagi, baru di hari keenam kita pasti ada jumping course untuk menjaga feeling rider dan kuda,” tambahnya.

Secara keseluruhan, ajang ini mempertandingkan beberapa kelas, yakni 95 cm, 105 cm, 115 cm, 125 cm, 135-140 cm, dan 75 cm. Total terdapat 400 lebih peserta yang berasal dari lima provinsi.

Baca juga: Dua atlet Indonesia cetak prestasi dunia berkuda memanah di 12th Fetih Kupasi Conquest Cup Turki

 
Event Director Kejuaraan berkuda Indonesia Grand Prix Rafiq Radinal menjawab pertanyaan pewarta di Arthayasa Stable, Depok, Minggu (7/7/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)
 



 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024