Kawasan ruang terbuka hijau seluas 105 hektare Central Park Meikarta Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dipilih menjadi tuan rumah kejuaraan nasional atau Kejurnas Sepatu Roda bertajuk GWIS Open 2024.

Ajang Grand Wisata Inline Skate (GWIS) Open 2024 ini diikuti ribuan atlet dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri dengan dua arena pertandingan yakni International Skating Arena Grand Wisata dan Central Park Meikarta selama tiga hari sejak 28-30 Juni 2024.

"Kami mendukung penuh event bertaraf internasional ini demi melahirkan bibit-bibit atlet handal Indonesia," kata Presiden Direktur Meikarta Indra Azwar di Cikarang, Senin.
Peserta ajang Kejurnas sepatu roda bersiap mengawali pertandingan di Central Park Meikarta pada Jumat (28/6/2024). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Indra juga mengaku senang dan bangga karena Meikarta semakin dipercaya menjadi tempat favorit berbagai kejuaraan olahraga, baik berskala regional, nasional, hingga internasional.

Ajang ini mempertandingkan sejumlah kategori nomor meliputi speed dual TT 200 meter, speed 500 metet, standard 1000 meter, standard 500 meter, relay standard, relay speed 3.000 meter, serta marathon hingga pemula 100 dan 200 meter.

Indra mencatat lebih dari 1.100 atlet dari 69 klub seluruh Indonesia berpartisipasi di ajang GWIS Open 2024 ini, bahkan ada pula dua perwakilan tim dari Australia dan India.

"Ini karena Central Park Meikarta juga dapat menampung 20 ribu pengunjung. Bulan ini Meikarta juga menjadi tempat berlangsung event D1 Grand Prix Indonesia dan Meikarta Run 2024 yang bakal diikuti ratusan peserta," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana GWIS Open 2024 Budi Nur Yaenudin menyebut event ini tidak hanya kompetisi berlevel Kejurnas melainkan juga sebagai persiapan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Nasional ini diikuti 69 klub dari seluruh provinsi di Indonesia, lalu ada juga dari luar negeri yakni Australia dan India," katanya.

Ajang ini sekaligus bekal evaluasi atlet menjelang pekan olahraga terbesar di tanah air itu digelar. Hari pertama pertandingan dilangsungkan di Central Park Meikarta untuk nomor marathon sedangkan hari kedua dan ketiga di International Skating Arena Grand Wisata.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Poserosi) Jawa Barat Abdul Haris Sugondo berharap event ini mampu menjaring bibit-bibit muda atlet sepatu roda sekaligus latihan bersama seluruh pengurus provinsi menjelang PON XXI.

"Saya sangat bahagia penyelenggaraan sepatu roda "GWIS Open 2024" ini mendapat antusiasme luar biasa dari peserta. Kita mengharapkan dari hasil kejuaraan kita bisa mendapat generasi-generasi muda penerus yang punya mental prestasi dan juara yang luar biasa," ucapnya.

Haris menyatakan ajang ini sekaligus menjadi bagian dari persiapan Kontingen Jawa Barat menuju PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 melalui pemusatan latihan daerah sehingga diharapkan menjadi wadah pelatihan bersama.

"Jadi, di sini melatih mental dan fisik serta persiapan lain. Sehingga semoga kita meraih hasil yang luar biasa nanti," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024