Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyalurkan bantuan pendidikan bagi 2.070 pelajar daerah itu, terdiri atas murid jenjang Madrasah Ibtidaiah, SD, SMP, serta madrasah tsanawiah MTs).
 
Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri mengatakan bantuan pendidikan kepada ribuan peserta didik lintas jenjang tersebut merupakan bagian dari program Bekasi Cerdas.
 
"Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh siswa penerima manfaat program ini," katanya di Cikarang, Jumat.

Baca juga: Baznas Bekasi gandeng Pos Indonesia optimalkan program sekolah zakat
Baca juga: Pemkab Bekasi salurkan bantuan program Baznas kepada 230 anak yatim
 
Dia mengatakan, bantuan program Bekasi Cerdas ditujukan kepada para pelajar untuk mendukung kebutuhan proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.
 
Bantuan tersebut bersumber dari hasil zakat, infak, dan sedekah umat yang dikumpulkan melalui Baznas Kabupaten Bekasi baik dari perorangan maupun perusahaan yang menjadi donatur tetap.
 
Bantuan bagi pelajar sekolah dasar dan madrasah ibtidaiah berupa uang saku pendidikan senilai Rp400 ribu ditambah alat tulis dan tas sedangkan siswa SMP dan MTS menerima Rp600 ribu serta alat tulis dan tas.

Baca juga: Baznas Bekasi himpun pembayaran zakat fitrah di 760 sekolah rintisan zakat
 
"Program ini kita jalankan di seluruh wilayah yakni 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi dengan rincian masing-masing sekolah mendapatkan alokasi 90 pelajar," katanya.
 
Pihaknya berharap program ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan menyasar pelajar dari keluarga prasejahtera yang membutuhkan bantuan untuk kebutuhan sekolah.
 
"Semoga meringankan beban keluarga, mereka bisa merasa lebih terbantu dalam memenuhi keperluan sekolah sehingga para pelajar ini terus dapat fokus menggapai cita-cita mereka," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024