Patriot Desa Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat menggelar pelatihan wirausaha untuk meningkatkan keterampilan sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat pedesaan.

"Pelatihan ini berbasis kompetensi tailor mode training untuk memperkuat peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta meningkatkan taraf hidup masyarakat desa," kata Pendamping Patriot Desa Kabupaten Bekasi Najib Ali Abdul Aziz di Cikarang, Selasa.

Ia mengatakan pelatihan wirausaha ini diikuti 32 peserta dari dua desa se-Kecamatan Pebayuran yakni Desa Karangreja dan Karangharja dengan fokus sektor budidaya ikan nila dan burung puyuh.

Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama 15 hari ke depan melalui fasilitasi penuh dari BPVP Bandung Barat meliputi instruktur profesional hingga kemeja lapangan, tas, sepatu, alat tulis kantor, serta uang saku harian.

"Semua kebutuhan pelatihan seperti pembuatan kandang, pengadaan benih, pakan ternak, dan lain sebagainya juga difasilitasi BPVP Bandung Barat secara gratis," katanya.

Pelatihan digelar di dua lokasi terpisah sesuai desa yang menjadi sasaran kegiatan. Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan dengan mengikutsertakan kelompok binaan ke dalam program ketahanan pangan desa serta pendampingan lebih lanjut dari beberapa unsur terkait.

"Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk meningkatkan skill dan kemampuan teknis masyarakat dalam berwirausaha. Sehingga masyarakat lebih mandiri dan percaya diri dalam mengelola potensi desa," ucapnya.

Najib berharap pelatihan ini mampu meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat desa, memaksimalkan potensi sumber daya di desa, serta meningkatkan kemandirian finansial warga desa sehingga berdampak pada penurunan angka pengangguran.

Peserta pelatihan budidaya burung puyuh asal Desa Karangharja Eman Sulaeman (49) mengapresiasi sekaligus menyambut dengan penuh antusias kehadiran program pelatihan wirausaha ini.

Eman mengatakan pelatihan ini memberikan ilmu yang bermanfaat seperti cara membuat kandang burung puyuh, pakan ternak, hingga perawatan. Dirinya berharap apa yang telah dipelajari melalui pelatihan ini bisa membawa dampak positif serta mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Patriot Desa Kabupaten Bekasi dan BPVP Bandung Barat. Pelajaran yang kami dapat banyak sekali, dari yang kami tidak tahu menjadi tahu tentang budidaya burung puyuh. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kami dan bisa menambah penghasilan untuk keluarga kami di rumah," kata dia.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024