Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berkolaborasi dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) setempat mewujudkan pembangunan dari desa.

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu usai pelantikan Pengurus Apdesi Kabupaten Bogor periode 2024-2029 di Cisarua, Jumat, mengungkapkan pemerintah desa memiliki peran penting dalam konteks pembangunan daerah secara menyeluruh.

"Kita ingin pembangunan Kabupaten Bogor dimulai dari desa, oleh karena itu saya titip pesan kepada pengurus terpilih untuk segera lakukan konsolidasi organisasi, menyusun program kerja yang betul-betul pro masyarakat," ungkap Asmawa.
Baca juga: Gerbang Saburai, Gerakan Pembangunan Dari Oleh dan Untuk Masyarakat
Baca juga: Pemkab Bogor lakukan pembangunan mulai dari tingkat desa

Menurut dia, Apdesi harus tetap kompak dengan jumlah anggota yang mencapai 416 kepala desa atau kades tersebar di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Ia juga mengapresiasi kebersamaan para kepala desa yang telah terlibat dalam pembangunan daerah, salah satunya melalui pelaksanaan program bantuan keuangan infrastruktur desa atau Satu Miliar Satu Desa (Samisade).

“Mari kita tunjukkan kepada daerah lain bagaimana dampak positif program tersebut terhadap pembangunan infrastruktur desa, serta bagaimana pengelolaan keuangannya dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Guru Besar IPB : Membangun Indonesia Berdaulat Dari Kampung-Desa Konservasi Biodiversitas

Kemudian, ia berpesan kepada para kepala desa agar sama-sama menjaga kondisi kondusif dan menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada.

“Biarkan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik, namun sesuai ketentuan yang berlaku, sebagai aparatur pemerintah kita tidak boleh berpolitik praktis,” kata Asmawa.

Pada Musyawarah Cabang Apdesi Kabupaten Bogor, Kepala Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede Abdul Aziz Anwar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Apdesi Kabupaten Bogor periode

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024