Bupati Karawang Aep Syaepuloh memastikan kesehatan hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H di wilayah tersebut karena sebelumnya telah disebar ratusan petugas pemeriksa hewan kurban.

"Kami menugaskan ratusan petugas untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan hewan yang dijual untuk keperluan Hari Raya Idul Adha," katanya, di Karawang, Senin.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang terus berkomitmen untuk memastikan kesehatan seluruh hewan kurban dengan membentuk Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan MUI Karawang.

Baca juga: Bupati Karawang: Idul Adha membawa ASN dan warga ikhlas membangun daerah

"Ada 244 orang yang telah ditugaskan mengecek kondisi kesehatan hewan kurban yang dijual untuk keperluan Idul Adha, agar hewan kurban sesuai dengan syariat Islam," kata Bupati.

Dikatakannya, penyebaran petugas pemeriksa hewan kurban itu sebagai bentuk komitmen pemkab untuk menjamin kesehatan hewan kurban, agar aman dan layak untuk dikonsumsi pada momentum Hari Raya Idul Adha.

Sementara pada momentum Idul Adha tahun ini Pemkab Karawang menyebar puluhan ekor hewan kurban jenis sapi ke sejumlah masjid di wilayah Karawang.

Baca juga: Pemkab Karawang salurkan puluhan hewan kurban ke masjid-masjid jelang Idul Adha

Selain itu, juga dilakukan pembagian ribuan bungkus daging sapi ke pelosok desa wilayah Karawang dengan menggandeng personel Kodim 0604 Karawang.

Hal tersebut dilakukan supaya ada pemerataan dalam pembagian daging hewan kurban hingga ke pelosok desa.

Pada momentum Idul Adha, bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merenungi makna sesungguhnya dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang begitu luas dan indah untuk menjadi cerminan bersama dalam menjalani kehidupan. Seperti bagaimana keteguhan mampu menjadi pilar kekuatan dalam agama, keikhlasan dan ketulusan merupakan kunci dari segala kebaikan.

Baca juga: Petugas di Karawang temukan penyakit kudis dan orf saat periksa hewan kurban

"Mari jadikan hari yang fitrah ini sebagai cerminan kita dalam membangun Karawang dengan penuh kecintaan dan ketakwaan, bahwa apa yang kita mulai harus kita selesaikan, apa yang kita pilih harus menjadi pedoman, dan apa yang kita kerjakan seluruhnya adalah untuk masyarakat Karawang," kata dia. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024