PT Pertamina EP (PEP) Tambun Field menginisiasi Program Kampung Iklim (Proklim) sebagai upaya meningkatkan kesadaran serta keterlibatan masyarakat menghadapi tantangan lingkungan hidup seperti fenomena pemanasan global.

"Program ini mengajak peran aktif masyarakat menghadapi tantangan lingkungan seperti fenomena pemanasan global yang semakin mengkhawatirkan," kata Communication, Relations & CID PT Pertamina EP Zona 7 Andhar Lutfi di Cikarang, Sabtu.

Ia mengatakan implementasi Proklim dilakukan melalui sosialisasi program bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi di Desa Kedungjaya, Kecamatan Babelan.

Baca juga: Pemkab Bekasi terima penghargaan Proklim 2019 dari KLHK

Dalam sosialisasi tersebut, perusahaan tidak hanya melibatkan perangkat desa dan masyarakat, namun juga mitra binaan, yaitu kelompok Bank Sampah 21.

Ia menjelaskan Proklim adalah program berlingkup nasional di bawah kelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi.

Selain itu, memberikan pengakuan terhadap upaya yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Baca juga: Trenggalek Jatim raih tiga penghargaan program kampung iklim 2023

Dirinya mengapresiasi berbagai pihak terkait atas kontribusi serta dukungan pada program ini sekaligus berharap warga Desa Kedungjaya menjadi pionir terdepan dalam mengajak masyarakat lebih luas untuk pro terhadap Proklim.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Gilang Rizky Pratama memberikan apresiasi atas inisiasi PEP Tambun Field peduli lingkungan di wilayah itu.

"Kami berharap sinergi yang dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi bisa terus berlanjut dan ditingkatkan," katanya.

Baca juga: Pemkot Depok raih penghargaan Proklim 2023 dari KLHK

Sekretaris Desa Kedungjaya Saefudin Jufri menyampaikan terima kasih atas manfaat kegiatan yang dilakukan Pertamina EP, yakni memberikan wawasan baru kepada masyarakat terkait dengan mitigasi perubahan iklim serta peningkatan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

"Dengan terlaksananya kegiatan ini, harapannya dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat Desa Kedungjaya untuk menjadi pionir lingkungan hidup khususnya di wilayah kami," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024