PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menggelar donor darah ke-115 dengan mengumpulkan 411 kantong darah.

Kegiatan donor darah dihadiri Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Direktur BCA Haryanto Budiman, Direktur BCA Antonius WidodoMulyono, Deputi Bidang Strategi dan Kerja sama PPATK Tuti Wahyuningsih, Deputi Bidang Pelaporan dan Pengawasan Kepatuhan PPATK Fithriadi, serta Ketua Gerakan Nasional 22 Tahun Anti-Pencucian Uang dan Pelaporan dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) Kamanto Pujiono.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan dalam keterangannya, Kamis mengatakan senang dapat melanjutkan salah satu tradisi dan kegiatan rutin kami yaitu donor darah.

Selain melibatkan karyawan BCA, kegiatan donordarah kami juga sering diadakan dengan skala lebih luas, yaitu mengundang nasabah dan masyarakatsekitar untuk turut serta.

Kali ini, kegiatan donor darah oleh BCA dilakukan bersama-sama PPATKdalam rangka memperingati Gerakan Nasional 22 Tahun APU-PPT. Kami harap kegiatan ini dapatberdampak positif dan membawa banyak manfaat untuk masyarakat, terutama pihak-pihak yangmembutuhkan kantong darah secara rutin.

Seluruh kantong darah yang terkumpul dari kegiatan ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhandarah di Jakarta. Kegiatan donor darah rutin digelar BCA berkolaborasi dengan PMI sejak 1991.

Selain bekerja sama dalam kegiatan donor darah, BCA juga turut memperkuat operasional PMI melaluipemberian satu unit kendaraan operasional pada tahun 2017, 10 unit blood scale & mixer pada 2018dan 2019, serta sebuah mobil donor pada 2021.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana berkata, kegiatan ini merupakan wujud dari kerja sama yang solid antara PPATK dengan BCA.

"Kita sudah sama-sama memberikan darah melalui kegiatan ini, sehinggakita harapkan semakin memperkuat komitmen PPATK dan BCA untuk terus bersama memerangikejahatan di sektor keuangan Indonesia," ujar Ivan.

Sejak 2016, Bakti BCA telah membantu mengumpulkan 13.090 kantong darah dan 18 plasmakonvalesen melalui kegiatan donor darah.

Konsistensi Bakti BCA menyelenggarakan kegiatan donor darah membawa perseroan meraih rekor MURI sebagai "Bank Swasta Nasional Pertama yang Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah ke-100" pada tahun 2017.

Selain melalui kegiatan donor darah, Bakti BCA berupaya senantiasa memberikan kontribusi positifbagi masyarakat melalui berbagai aktivitas terkait kesehatan.

Beberapa program Bakti BCA di bidangkesehatan yakni pemeriksaan kesehatan gratis meliputi skrining hipertensi, diabetes, tekanan darahtinggi, dan asam urat; serta bakti sosial operasi katarak yang rutin digelar sejak 2001 dan telahmemberi manfaat kepada 8.329 pasien di berbagai daerah.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024