Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat memberikan pelatihan keterampilan agar dapat menjadi sumber pendapatan bagi keluarga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Bogor Artiyana Yanar Anggraini, Senin, menyebutkan, sebanyak 25 warga Kelurahan Babakan Pasar mendapat pelatihan kerajinan tangan Dequopage.

"Deqoupage ini adalah seni menghias suatu objek dengan menempelkan kertas tissue ke objek tersebut," kata Artiyana.

Puluhan warga Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah tersebut diajarkan cara menghias vas bunga, lalu menghias sarung bantal dan menghias tas panda menggunakan teknik Deqoupage.

Pelatihan tersebut, katanya, akan berlangsung selama dua hari bertempat di aula Kantor Kelurahan Babakan Pasar. Selama pelatihan, warga akan didampingi oleh Tim Penggerak PKK Kota Bogor.

"Diharapkan dari pelatihan ini warga tidak hanya memiliki keahlian dan keterampilan tetapi dapat mengembangkannya sehingga dapat membantu ekonomi keluarga," katanya.

Menurut Artiyana, pelatihan keterampilan bagi warga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususunya kaum perempuan sehingga mereka memiliki keterampilan yang memadai untuk membantu perekonomian keluarga.

"Apalagi di era globalisasi dan pasar bebas ini, masyarakat harus mampu meningkatkan kemampuan dirinya agar dapat bertahan di tengah gejolak perekonomian," katanya.

Salah satu persoalan di Kota Bogor adalah angka kemiskinan, dan pengangguran yang masih menjadi prioritas utama Pemerintah Kota untuk dientaskan.

Pemerintah melalui program pendidikan, kesehatan dan pembenahan rumah tidak layak huni menjadi upaya untuk menekan angka kemiskinan. September 2016 angka kemiskinan di Kota Bogor mencapai 71 ribu kepala keluarga.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017