Anggota Komisi X DPR RI Nuroji menyebutkan seni budaya seperti tari bisa membangkitkan perekonomian masyarakat karena masuk dalam ekonomi kreatif.

"Seni budaya seperti tari bagian dari pengembangan ekonomi kreatif. Ini bisa mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat," kata Nuroji di Depok, Senin.

Nuroji menjelaskan seni budaya tari bisa menjadi industri yang inputnya adalah peningkatan ekonomi masyarakat, karena banyak yang bisa digarap dari ekonomi kreatif seperti tari.

Baca juga: Festival kebudayaan Kabupaten Sukabumi jadi berkah bagi pelaku UMKM

"Seni budaya tari ini kan usaha kreatif. Bisa dikembangkan membuka sanggar tari, kostum tari, mengajar tari dan lainnya. Ini kan bagian dari kegiatan ekonomi," ungkap Nuroji.

Nuroji mencontohkan di Kota Depok ada sanggar tari yang sudah menjadi industri yaitu Ayodya Pala yang memiliki banyak murid, guru, dan berbagai macam jenis kostum untuk digunakan.

"Di Depok Ayodya Pala sudah jadi industri, ada prestasi tingkat provinsi, nasional, dan internasional," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Depok tingkatkan literasi industri kreatif secara digital tingkatkan pemasaran

Untuk itu Nuroji yang duduk di DPR RI Komisi X bidang seni budaya dan pendidikan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Komisi X DPR RI, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Direktorat Event Nasional dan Internasional akan melaksanakan kegiatan BISA Fest.

"Minggu kemarin saya adakan kegiatan diskusi BISA Fest. Kita bahas tentang penyuluhan empat unsur itu daya tarik wisata, dan seni indah atraksi keindahan," ujarnya.  

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024