London (Antara Megapolitan) - Pangeran Philip (95), suami Ratu Inggris Elizabeth, akan pensiun dari tugas kerajaan akhir tahun ini, setelah mendampingi istrinya selama 65 tahun bertahta.

Pangeran tersebut yang dikenal sebagai "Duke of Edinburgh" telah memutuskan akan berhenti melakukan tugas publik mulai musim gugur, demikian pengumuman Istana Buckingham, seperti dilansir Reuters, Kamis.
 
"Pangeran Philip akan menghadiri acara yang telah dijadwalkan sebelumnya antara sekarang dan Agustus, baik secara individu atau menyertai ratu," kata pernyataan tersebut.

Setelah itu, Duke tidak akan menerima undangan baru untuk kunjungan dan acara, meskipun ia masih dapat memilih untuk menghadiri acara publik tertentu dari waktu ke waktu.

Sementara Ratu Elizabeth, pemimpin terlama di dunia yang merayakan ulang tahunnya yang ke-91 pada April, akan terus melaksanakan program keterlibatan resmi secara penuh.

Pengumuman tersebut dibuat menyusul pertemuan staf senior kerajaan di Istana Buckingham, berita yang memicu spekulasi tentang kesehatan ratu.

Namun sumber yang terpercaya mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan kesehatan ratu atau Pangeran Philip, yang berusia 96 bulan depan.

Pasangan yang akan merayakan ulang tahun pernikahan platinum atau 70 mereka pada November telah mengurangi beban kerja mereka dalam beberapa tahun terakhir, memberikan banyak tanggung jawab kepada putra dan pewaris tahta, Pangeran Charles, dan cucu laki-laki, Pangeran William dan Harry. 

Pewarta:

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017