Pemerintah Kabupaten Bekasi mengajak seluruh kalangan untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat pada 27 April hingga 5 Mei 2024 di daerah itu.

"Mudah-mudahan setelah Lebaran ini dengan motivasi yang baru dengan semangat yang lebih tinggi, layanan bisa lebih kita tingkatkan. Terutama dalam waktu dekat kita akan menjadi tuan MTQ ke-38 tingkat provinsi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jumat.

Ia menjelaskan ada empat prestasi yang ingin dicapai dari ajang MTQ Jawa Barat di Kabupaten Bekasi itu, yakni sukses dalam penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, serta sukses administrasi.

Baca juga: LPTQ Bekasi ajak semarakkan pembukaan ajang MTQ Jawa Barat 2024

Dirinya juga berharap MTQ ke-38 Jawa Barat tahun 2024 di Kabupaten Bekasi ini dapat terselenggara dengan lebih meriah dan lebih bermakna.

"Kita berharap MTQ di Kabupaten Bekasi lebih meriah, bermakna, dan lebih membangun semangat Al Quran. Membumikan nilai-nilai Al Quran di tengah masyarakat Kabupaten Bekasi," katanya.

Dia mengaku telah menginstruksikan segenap jajaran mulai dari perangkat daerah, segenap camat, hingga kepala sekolah dan pesantren untuk mengajak putra dan putrinya menyaksikan ajang MTQ ke-38, mulai dari pawai ta'aruf, malam pembukaan, hingga perlombaan itu sendiri.

"Ini semua terbuka untuk umum, kita bisa melihat bagaimana qori dan qoriah terbaik Jawa Barat tampil di MTQ nanti," ucapnya.

Baca juga: Kafilah Kabupaten Bekasi tuntaskan persiapan menuju MTQ ke-38 Jawa Barat

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Bekasi Enjuk Marjuki mengatakan rangkaian kegiatan pembukaan MTQ ke-38 Jawa Barat akan diawali dengan pawai taaruf di Central Park Meikarta pada Ahad (28/4).

"MTQ sudah dilombakan sehari sebelum pembukaan. Setelah pawai taaruf, malamnya dilanjutkan dengan upacara pembukaan di Lapangan Plasa Pemkab Bekasi sebagai arena utama. Insya Allah dihadiri Penjabat Gubernur Jawa Barat dan tentu saja seluruh kafilah peserta," katanya.

Dia menyatakan MTQ ke-38 tahun 2024 diikuti rombongan atau kafilah peserta dari 27 kabupaten dan kota se-Provinsi Jawa Barat. Perlombaan ini digelar di 12 lokasi dengan arena utama Lapangan Plasa Pemkab Bekasi.

Baca juga: Kabupaten Bekasi diperkuat 70 qari-qariah pada ajang MTQ ke-38 Jawa Barat

Kemudian aula Kodim 0509, aula Balai Rakyat, lapangan indoor Disbudpora, aula Baznas, dan aula Diskominfo. Serta aula BPBD, aula unit layanan pengadaan, aula KH Noer Ali, aula KH Raden Ma'mun Nawawi, Gedung Teater Dinas Pariwisata, dan lapangan tenis Pemkab Bekasi.

"Pemkab Bekasi juga membuka stan pameran dan bazar di arena utama lapangan Plasa Pemkab Bekasi selama berlangsungnya penyelenggaraan MTQ," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024