Kabupaten Bekasi diperkuat 70 qari dan qariah pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan digelar di daerah itu mulai 27 April hingga 5 Mei 2024.

"Saat ini kami masih terus menggembleng para qari dan qariah terbaik yang akan tampil di MTQ nanti," kata Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bekasi KH Enjuk Marjuki di Cikarang, Kamis.

Dia menyebut para qari dan qariah tersebut akan didampingi 20 orang pembina dan 10 ofisial.

Kafilah Kabupaten Bekasi mengandalkan sejumlah cabang perlombaan mulai dari tahfidz 1 dan 5 juz putra dan putri, tilawah anak, remaja putra dan putri, serta cabang kaligrafi hingga tafsir.

Baca juga: Pemkab Bekasi siapkan bonus bagi qori-qoriah berprestasi di ajang MTQ Jabar
Baca juga: Bupati Bekasi ajak warga turut semarakkan MTQ ke-38 Jawa Barat

"Secara keseluruhan target kami 20 medali emas. Dari tafsir kita berharap ada empat medali emas, dari kaligrafi empat atau lima medali emas, kemudian dari tahfidz dan tilawah juga kita berharap mampu menyumbang medali emas," katanya.

Enjuk optimistis kafilah Kabupaten Bekasi mampu meraih prestasi terbaik di ajang MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat karena diperkuat oleh para qari dan qariah terbaik dari hasil seleksi dan pembinaan.

"Sebetulnya banyak yang kita unggulkan. Insya Allah apa yang diharapkan masyarakat Kabupaten Bekasi yakni menjadi juara umum dapat dicapai," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan bonus atau stimulus bagi qari-qariah berprestasi sebagai apresiasi dan motivasi untuk merealisasikan target juara umum, terlebih mereka menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan MTQ kali ini.

Baca juga: Kabupaten Bekasi jadi tuan rumah MTQ ke-38 Jabar 2024

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan secara khusus telah menyiapkan stimulus berupa pemberian bonus sebesar Rp100 juta bagi juara pertama, Rp60 juta untuk juara kedua, dan Rp40 juta bagi juara ketiga untuk setiap cabang perlombaan.

Dani menyatakan Kabupaten Bekasi menginginkan kesuksesan baik dari aspek penyelenggaraan maupun prestasi. Terlebih juara dari ajang ini akan menjadi wakil Provinsi Jawa Barat pada perlombaan serupa di tingkat nasional.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024