Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Cisolok dikerahkan untuk melakukan aksi bersih-bersih objek wisata pantai yang berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis.

"Aksi bersih-bersih pantai ini untuk menanamkan rasa peduli dan sadar untuk selalu menjaga kebersihan," kata Kepala SMPN 1 Cisolok Dadi Sugandi di Sukabumi, Kamis.
 
Menurut Dadi, adapun pantai yang menjadi fokus aksi bersih-bersih ini yakni yang berada di wilayah Kecamatan Cisolok salah satunya Pantai Karanghawu yang menjadi ikon dan kebanggaan Kecamatan Cisolok.
 
Baca juga: Ratusan personel gabungan bersihkan sampah di Pantai Talanca Sukabumi
Baca juga: Ribuan warga dan alat berat dikerahkan bersihkan Pantai Cibutun Sukabumi
 
Keterlibatan anak sekolah dalam aksi bersih sampah serentak seperti ini dalam rangka menumbuhkan kepedulian pelajar dalam menjaga kebersihan, karena merupakan tugas semua pihak agar objek wisata tetapi terjaga kebersihannya dari sampah-sampah yang masih banyak ditemukan di sekitar pantai.
 
Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi terkait pentingnya jiwa korsa dan gotong royong. Bahkan ia merasa bangga ternyata anak didiknya itu bersemangat saat dilibatkan langsung untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai.
 
"Tidak hanya guru dan pelajar saja yang terlibat dalam aksi ini, tetapi banyak orang tua siswa, pelaku usaha dan lainnya ikut dalam kegiatan tersebut, ini membuktikan kepedulian mereka terhadap lingkungan," tambahnya.

Baca juga: TNI AL gelar aksi bersih-bersih sampah di Pantai Cipatuguran sambut HUT ke-76
 
Dari mengatakan pihak sekolah merasa bangga telah ikut dilibatkan kegiatan dalam aksi ini, apalagi pada pelajar bersemangat meskipun cuaca cukup terik, tetapi tidak mengendurkan semangat mereka untuk membersihkan sampah yang ada di pantai atau objek wisata.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024