Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) khususnya dalam hal peningkatan kualitas pendidikan pada ke dua universitas.

Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati di Medan, Jumat, mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama kelembagaan di tingkat nasional dan kali ini pihaknya menggandeng UNJ sebagai mitra strategis dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Fokus kerja sama tersebut meliputi penelitian seperti joint research, pertukaran pelajar dan mahasiswa, pertukaran dosen, guru besar tamu dan berbagai program pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: LKBN ANTARA bersama UINSU kolaborasi dalam penyebaran informasi

Program-program dimaksudkan sebagai penunjang sekaligus peningkatan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dijalankan UIN SU dengan mitra dalam hal ini UNJ.

Penambahan kerja sama kelembagaan dalam bentuk nota kesepahaman ini, lanjut rektor, juga sebagai upaya untuk memenuhi indikator pencapaian akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) dengan predikat unggul.
Target tersebut menjadi misi besar UINSU yang insya Allah dicapai pada tahun ini, dengan memenuhi berbagai persyaratan, termasuk peningkatan kerja sama kelembagaan.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya UINSU berkolaborasi dengan berbagai PTN ternama di tanah air. Tentu dalam hal peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Termasuk di dalamnya tentang peningkatan manajemen mutu universitas, fakultas hingga ke tingkat prodi-prodi," katanya.

Baca juga: UNJ gelar Martial Art Competition ajang pencarian atlet sejak usia dini
Baca juga: UNJ kembali jadi tuan rumah konferensi internasional manajemen, bisnis, dan akuntansi

Dalam pertemuan antara pimpinan UINSU dan UNJ juga membahas berbagai hal seperti strategis pengembangan lembaga, keunggulan serta perkembangan dua kampus ini dari masa ke masa. Berbagai keunggulan juga dipaparkan sebagai bahan diskusi dan pembelajaran.

"Kami mengharapkan kerja sama ini berkelanjutan dan pada tahap ini dapat diteruskan dalam berbagai program pendukung akademik," katanya.

Kerja sama dengan UNJ ini, jelasnya, dinilai penting dan strategis. Melihat dan mempertimbangkan bahwa kampus berkedudukan di Jakarta tersebut merupakan salah satu kampus yang unggul pada bidang pendidikan di Indonesia.

"Dengan kerja sama dan kolaborasi ini diharapkan bisa mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan sinergi di UINSU Medan. Itu semua tentunya untuk kepentingan perkembangan UINSU di masa mendatang," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024