Pengelola tempat wisata Cikao Park di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menambah sistem keamanan untuk menghadapi lonjakan pengunjung selama musim libur lebaran tahun ini.

"Lonjakan pengunjung biasanya terjadi saat libur lebaran. Jadi kami menambah sistem keamanan di area wisata," kata Agus Permana, Pengelola Wisata Cikao Park, di Purwakarta, Kamis.

Pada musim libur lebaran tahun 2023, jumlah pengunjung setiap hari tidak kurang dari 3.000 orang.

Selanjutnya pada musim libur lebaran ini pihaknya menargetkan lebih dari jumlah kunjungan dibandingkan dengan musim libur lebaran tahun lalu.

Baca juga: Pengunjung padati objek wisata Cikao Park Purwakarta pada libur panjang Idul Adha
Baca juga: Kawasan Wisata Cikao Park Purwakarta mulai ramai saat libur lebaran

Atas hal tersebut, pada musim libur lebaran tahun ini pihaknya menambah sistem keamanan dalam menghadapi lonjakan.

Sistem keamanan itu mulai dari menambah petugas keamanan, menambah penjaga kolam, CCTV di lokasi strategis dan imbauan aturan bagi pengunjung selama di lokasi wisata.

"Untuk area parkir kami bisa menampung 1.000 kendaraan, tersedia juga areal parkir untuk bus," katanya.

Ia menyampaikan bahwa pengunjung musim libur lebaran tahun ini akan lebih banyak dibandingkan dengan liburan lebaran tahun lalu. Sebab pihaknya terus melakukan promosi tempat wisata, baik melalui media sosial atau pun konvensional.

Baca juga: Pengunjung padati objek wisata Cikao Park Purwakarta pada libur Tahun Baru

Menurut dia, wahana wisata yang menjadi favorit pengunjung adalah wisata air yang di dalamnya terdapat tiga kolam, kolam ramah anak, kolam untuk semua usia kolam dewasa dan kolam ombak.

"Kami memiliki water park, kolam ombak, kolam busa, kolam dewasa dan kolam anak-anak. Untuk di mini zoo kami memiliki koleksi satwa baru seperti owa kalawat dan rusa, rumah Ilusi dan juga taman bermain, gazebo free, roar coaster, kora kora, bom-bom car," katanya.

Disebutkan bahwa selama bulan Ramadhan, tempat wisata Cikao Park ini tutup. Selama ditutup semua fasilitas dilakukan sterilisasi, termasuk pembersihan kolam. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024