Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menargetkan kunjungan 150 ribu wisatawan pada musim libur Lebaran 2024 di daerah itu.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Purwakarta Mohamad Ramdhan di Purwakarta, Sabtu (23/3), mengatakan pihaknya sudah menyiapkan puluhan destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan pada musim libur Lebaran tahun ini.

Jenis destinasi wisata itu, di antaranya wisata alam dan buatan serta wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi, dan wisata edukasi.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus membenahi pengelolaan objek wisata dan menyiapkan sejumlah langkah untuk menjaring para pemudik Lebaran agar berwisata ke daerah itu.

Baca juga: Pemkab Purwakarta minta pengelola wisata siap menyambut libur Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Pemkab Purwakarta siap jaring wisatawan pada momentum libur panjang Idul Adha

Sejumlah upaya itu, antara lain melalui koordinasi dengan berbagai pihak terkait serta memperbaiki akses menuju destinasi wisata di Purwakarta.

Dia mengatakan target 150 ribu wisatawan itu bagian dari total target dua juta wisatawan ke daerah setempat pada tahun ini.

Ia menyebutkan target itu lebih besar dibandingkan dengan jumlah wisatawan ke Purwakarta tahun lalu yang mencapai 1.701.284 wisatawan.

"Dengan persiapan yang matang, kita optimis target itu bisa terpenuhi. Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk dengan TNI-Polri, untuk mencapai target itu," katanya.

Baca juga: Pemkab targetkan 30 ribu wisatawan kunjungi objek wisata di Purwakarta

Catatan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta terdapat 67 destinasi wisata di wilayah itu yang siap dikunjungi wisatawan pada musim libur Lebaran.

"Purwakarta punya destinasi wisata yang beragam. Semuanya indah dan menarik untuk dikunjungi. Kita terus memperindah dan melengkapi destinasi wisata agar pengunjung wisata Lebaran merasa nyaman dan betah di Purwakarta," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024