Karawang (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berjanji akan segera memperbaiki 44 titik infrastruktur jalan kabupaten yang mengalami kerusakan.

"Pada tahun ini, kami sudah mengalokasikan anggaran Rp630 miliar untuk pemeliharaan jalan di berbagai daerah sekitar Karawang," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di Karawang, Minggu.

Sekitar 2 pekan lalu, pihaknya sudah mulai melakukan proses lelang untuk pekerjaan perbaikan infrastruktur jalan. Proses lelang itu perlu dipercepat karena selama ini banyak warga yang mengeluh tentang kerusakan jalan.

Sebanyak 44 titik jalan yang akan akan diperbaiki itu merupakan jalan kabupaten, sedangkan jalan di desa-desa atau jalan antarkampung serta jalan lingkungan akan diperbaiki oleh pemerintah desa.

Menurut Cellica Nurrachadiana, pemerintah desa sendiri telah menerima dana desa yang bersumber dari bantuan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten.

"Dana desa yang disalurkan ke pemerintah desa itu mencapai miliaran rupiah. Untuk nominalnya, bergantung pada luas wilayah dan jumlah penduduk," kata Bupati.

Ia berharap agar para kepala desa bisa benar-benar menggunakan bantuan dana desa tersebut untuk melakukan perbaikan jalan di desanya masing-masing. Pasalnya, sejak beberapa bulan terakhir ini banyak warga yang mengeluhkan kerusakan jalan.

Informasi yang berhasil dihimpun, selama beberapa bulan terakhir ini relatif cukup banyak warga yang mengeluhkan jalan rusak.

Catatan kepolisian setempat, relatif cukup banyak pula kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kondisi jalan yang rusak.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017