Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membersihkan jalan dari sisa-sisa tanah di sepanjang ruas nasional mulai dari wilayah Cikarang Kota hingga perbatasan Kabupaten Karawang sebagai upaya mengamankan jalur mudik Lebaran tahun ini.

Kepala UPTD Wilayah V pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Samsuro Mandiansyah mengatakan kegiatan pembersihan jalan ini merupakan instruksi langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pembersihan ini sebagai persiapan jalur mudik Lebaran 2024 agar ruas jalan ini kondisinya mantap saat dilintasi pemudik nanti," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Bupati Bekasi pastikan kualitas perbaikan jalan untuk jalur alternatif mudik

Dia mengatakan kegiatan pembersihan jalan di ruas pantai utara atau pantura ini melibatkan 20 petugas kebersihan dengan dibantu satu unit armada truk tangki air.

Pembersihan dilakukan mengingat ada sisa-sisa kapur bahan pembuat keramik di ruas jalan pantura akibat keluar masuk kendaraan sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna jalan.

"Tidak nyaman dan juga tentu berpotensi membahayakan pengguna jalan. Oleh karena itu segera kita bersihkan," ucapnya.

Baca juga: PLN Bekasi siagakan 247 personel dan 6 titik SPKLU di jalur mudik Lebaran

Selain memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan, kegiatan pembersihan ini sekaligus menambah kerapian jalan nasional serta upaya memperlancar arus lalu lintas sebagai persiapan menghadapi musim arus mudik dan balik Idul Fitri.

"Jalan yang telah dibersihkan sepanjang kurang lebih ratusan meter yang berada di beberapa titik lokasi," katanya.

Samsuro mengimbau segenap pengguna jalan agar tetap waspada dalam berkendara. Kepada pemudik diminta untuk memastikan kondisi tubuh dan kendaraan prima, terlebih arus mudik di Kabupaten Bekasi diprediksi meningkat tahun ini.

Baca juga: Arus Mudik - Jalur Pantura Bekasi mulai dipadati pemudik baik roda dua maupun empat

"Jalur ini menjadi pilihan utama pemudik roda dua menuju arah Jawa. Setiap musim mudik pasti selalu macet dan semakin bertambah volume kendaraan yang melintasi jalur pantura ini," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024