Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) melakukan latihan tempur yang melewati tiga medan yakni Gunung Sunda, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Bunrangrang, Jawa Barat, Jumat (15/3) lalu.

"Latihan ini adalah bekal dan gambaran setiap hari yang akan dihadapi oleh selesai prajurit yang akan diberangkatkan satgas Kopasgat Pamtas kewilayahan RI PNG-TA 2024," kata Komandan Batalyon Komando 461 Kopasgat Letkol Pas Agus dalam siaran pers yang diterima, Senin.

Berdasarkan siaran pers yang diunggah akun Instagram @puspentni, latihan yang digelar Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Batujajar ini dilakukan untuk mengasah naluri prajurit, disiplin tempur dan daya jelajah pasukan di segala medan.

Baca juga: Kodim Karawang ajak polisi dan pemkab latihan tempur terintegrasi
Baca juga: Latihan Jalak Sakti 2021, TNI AU kerahkan 14 pesawat tempur

Dalam latihan itu, personel juga dilatih dalam melakukan evakuasi dan penanganan medis kepada prajurit yang terluka di lapangan.

Tidak hanya menguji ketahanan fisik dengan melewati berbagai macam medan, Agus mengatakan pasukan dari Batalyon Komando 461 Kopasgat ini juga mengikuti latihan taktik tempur.

Hal tersebut dilakukan untuk mengasah naluri tempur pasukan di medan yang sulit seperti sungai, lembah dan pegunungan.

Baca juga: 922 prajurit TNI dari Kodam Jaya 'bertempur' di Meikarta (video)

Ragam poin pelatihan ini diberikan oleh personel yang sebelumnya pernah bertugas dalam pengamanan batas wilayah Indonesia.

Dengan adanya latihan tersebut, Agus berharap pasukannya bisa lebih siap melaksanakan misi apapun demi menjaga perbatasan wilayah Indonesia.

Pewarta: Walda Marison

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024