Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar Safari Ramadhan 1445 Hijriah perdana di Masjid Jami Mambail Iman, Desa Sukawijaya, Kecamatan Tambelang, dihadiri jajaran forum koordinasi pimpinan daerah, kepala perangkat daerah, beserta para camat.

Mengusung tema 'Ramadhan Meningkatkan Taqwa dan Kepedulian Terhadap Sesama Sebagai Refleksi Diri Dalam Mewujudkan Kabupaten Bekasi Makin Berani', kegiatan ini dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra pada Setda Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti mewakili Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

"Safari Ramadhan kegiatan rutin bagaimana mengisi Bulan Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah salah satunya menyimak tausiah yang disampaikan, bertadarus, bersedekah, juga mengajak seluruh masyarakat menjaga silaturahmi, menjalankan kegiatan positif di setiap lingkungan, masjid-masjid, juga sekolah-sekolah," kata Sri Enny di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar safari Ramadhan di empat wilayah kecamatan

Dia mengatakan pada momentum bulan penuh berkah ini, Pemkab Bekasi menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan membantu masyarakat yang membutuhkan baik melalui infak, zakat, dan sedekah.

"Dalam setiap safari, kami turut menggandeng Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bekasi untuk menyalurkan bantuan kepada mustahik atau penerima. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama," katanya.

Camat Tambelang Cecep Supriyadi menyambut baik Safari Ramadhan perdana yang bertempat di wilayah Kecamatan Tambelang. Menurut dia Masjid Jami Mambail Iman ini memiliki nilai historis tersendiri sebagai tempat lahirnya kyai-kyai besar di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Sandiaga Uno Safari Ramadhan jalin silaturahim bersama Partai Keadilan Sejahtera

Cecep juga melihat perspektif positif lain dari agenda Safari Ramadhan ini yakni antara aparatur pemerintah, para ulama, beserta masyarakat dapat saling berdialog dan bersilaturahmi, saling mengenal hingga merasa dekat dan mendapatkan keberkahan melalui kegiatan ini.

"Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk masyarakat sekitar, salah satunya tadi kita mendapatkan ceramah keagamaan, kemudian santunan kepada anak yatim dan dhuafa, juga bantuan untuk pembangunan masjid ini," ucapnya.

Dia mengaku telah menginstruksikan jajaran aparatur kecamatan hingga desa di wilayah Kecamatan Tambelang untuk meningkatkan monitoring kondusivitas wilayah dalam rangka menjaga lingkungan tetap aman dan nyaman.

Baca juga: Wakil Wali Kota Bekasi resmikan Masjid Imam Syafii Bantargebang

"Sesuai instruksi Pak Penjabat Bupati Bekasi kepada kami selaku camat untuk terus melakukan patroli ketertiban di lingkungan guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, terlebih di Bulan Ramadhan ini kita harapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan rasa aman dan tenteram," katanya.

Kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Bekasi ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis berupa santunan uang tunai kepada anak yatim dan dhuafa yang diserahkan Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri bersama Sri Enny dan Camat Tambelang.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024