Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi nomer empat di dunia sehingga kiprah politik, ekonomi dan strategi akan mempengaruhi secara langsung tatanan kehidupan global dan menjadi pusat perhatian internasional.

Saat ini Indonesia sedang dalam tahap akhir melaksanakan puncak proses demokrasi yaitu pemilu yang akan dilaksanakan pemilihan suara atau pencoblosan tanggal 14 Februari 2024.

Pada saat itulah suara rakyat akan dihitung untuk menentukan presiden, wakil presiden maupun anggota legislatif dari tingkat kabupaten sampai pusat.

Melihat manfaat bagi kehidupan bangsa dan negara serta proses yang sedemikian panjang dan menelan biaya, energi maupun semua sumber daya yang sangat besar maka haruslah proses demokrasi ini berjalan aman, jujur adil dan transparan.

Oleh sebab itu kewajiban bagi setiap warga negara indonesia untuk mengamankan pemilu dengan sekuat tenaga guna mencegah adanya bentuk kecurangan apapun.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka hukumnya wajib setiap WNI yang terdaftar sebagai pemilih (DPT) untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS.

Bila ada WNI tidak menggunakan hak pilih yang dipunyai atau golput artinya mereka tidak peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara. Oleh karena itu marilah semua hadir ke TPS sebagai wujud rasa cinta kepada bangsa dan negara indonesia.

Setiap warga negara wajib mengawasi dan mengontrol hasil pemilu dengan membuat video atau foto. Kirimkanlah kepada para saksi yang ada di setiap TPS.

Bila ditemukan adanya kecurangan apapun maka sampaikan kepada petugas Bawaslu atau aparat di TPS masing-masing atau bisa diviralkan.

Uraian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
- Pemilu adalah proses demokrasi yang tertinggi harus kita amankan, awasi dan kontrol bersama-sama.
- Setiap bentuk upaya kecurangan pemilu adalah pengkhianat bangsa tidak bisa ditolerir.
- Semua warga negara indonesia (WNI) yg mempunyai hak pilih wajib hadir ke TPS, jangan golput.
- Laporkan ke Bawaslu, KPU atau aparat terdekat bila ada pelanggaran pidana atau kecurangan pemilu.

Marilah setiap saat menjaga persatuan dan kesatuan guna menuju ke arah Indonesia Emas dengan aman dan lancar sehingga menjadi negara adil, makmur dan disegani dunia. Hilangkan segala perasaan perbedaan apapun di antara kita demi tercapai cita-cita bangsa indonesia.

Bersama pasti bisa jaga persatuan dan kesatuan.*

Pewarta: Aries Marsudiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024