Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan memanfaatkan beberapa titik lahan kosong menjadi Taman Baca dan Taman Tangga Cinta di daerah sekitar Ciganea, jalan arteri Purwakarta-Bandung.

"Lahan kosong ini akan kita manfaatkan menjadi ruang publik, dilengkapi pula dengan tempat bermain anak," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Purwakarta, Senin.

Dengan pemanfaatan lahan kosong menjadi taman, maka akan semakin bertambah taman-taman kota di daerah sekitar Purwakarta.

Ia mengakui lahan kosong yang akan dibangun Taman Tangga Cinta dan Taman Baca merupakan lahan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pemkab Purwakarta telah berkoordinasi dengan pihak terkait tentang rencana pembangunan dua taman tesebut.

"Ada dua titik taman yang akan dibangun, satu titik seluas 410 meter dan satu lagi 500 meter. Jadi luasnya hampir 1 hektare. Tempat ini akan menjadi ruang publik, kita lengkapi dengan tempat bermain anak," kata dia.

Pembangunan dua taman tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp2 miliar, sedangkan pemkab telah mengalokasikan anggaran untuk proyek itu.

"Izin untuk dikelola dan dimanfaatkan sebagai ruang publik sudah kita peroleh dari kementerian terkait," katanya.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Purwakarta Aep Durohman menyatakan saat ini pihaknya akan terus melakukan penataan lahan-lahan kosong milik pemerintah untuk dijadikan ruang publik dan kawasan hijau.

"Ini dilakukan untuk mengubah wajah kota," kata Aep.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017