Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat dan Bank Jabar Banten (BJB) siap menyediakan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para Wirausaha Baru (WUB), dengan nilai maksimal kredit sebesar Rp25 juta.

"Jika usahanya sudah berjalan, nanti sama pendamping di tingkat kelurahan dan kecamatan akan diberikan rekomendasi agar bisa mengajukan KUR, nanti final tetap ada di Bank BJB," ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dede Hidayat di Depok, Senin.
 
Dede mengatakan tahun ini DKUM berkolaborasi dengan Bank BJB menggagas program KUR tanpa bunga. Jadi, WUB dapat mengajukan KUR ke Bank BJB untuk pengembangan usaha, namun bunganya akan disubsidi oleh pemerintah.

Baca juga: DKUM Depok apresiasi WUB dan Perempuan Pengusaha 2023 yang sukses naikkan omzet
Baca juga: Depok Expo 2023 pamerkan produk usaha mikro wirausaha baru
 
Dede menjelaskan, apabila pinjaman dengan total Rp10 juta, memiliki bunga sebesar 6 persen. Maka, bunga 6 persen atau Rp600 ribu tersebut yang akan disubsidi oleh pemerintah.

"Jadi subsidi bunga ini artinya bunganya yang disubsidi oleh pemerintah dan pinjamannya tetap pelaku usaha yang membayar," jelasnya.
 
Dede berharap kepada bapak dan ibu seluruh pegawai ASN Kota Depok untuk bisa mendorong dan mensosialisasikan program ini kepada masyarakat yang mau berwirausaha dalam program WUB.
 
Selain itu Dede Hidayat juga optimistis target menciptakan 5.000 Pengusaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha bisa tercapai.
 
Baca juga: Program 5.000 Wirausaha Baru DKUM Depok sudah capai 4.200 orang
 
"Pada tahun 2023, dari kuota 2.100 pelaku usaha, terealisasi 2.114 pelaku usaha yang mengikuti program Wirausaha Baru (WUB). Jika ditotal dari tahun pertama jumlahnya sudah mencapai hampir 4.200 WUB yang sudah dilatih," katanya.
 
Lanjut Dede, di tahun 2024 ada 1.800 pelaku usaha yang dilatih. Dengan rincian, 1.500 wirausaha baru dan 300 perempuan kepala keluarga (PEKKA).
 
"Jadi Insya Allah target 100 persen dapat terwujud," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024