Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat meningkatkan pengetahuan literasi industri kreatif dengan memberikan pelatihan secara digital guna meningkatkan pemasaran produknya.
 
"Ada sejumlah komunitas dan pelaku industri kreatif di Kota Depok mengikuti seminar dan pelatihan DigitalUp 2024," kata Analis Madya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok Martinho VazMartinho Vaz  di Depok, Kamis.
 
Ia berharap, dengan para pengusaha menguasai dunia digital, maka brand-brand lokal Depok itu bisa muncul ke tingkat nasional.
 
Selain itu juga, dengan banyak digital startup yang ada di Depok, sangat membantu pelaku usaha dari wilayah Indonesia lain untuk datang belajar di Kota Depok.

Baca juga: Industri kreatif Depok perlu dapat dukungan masyarakat
Baca juga: Pemkot Depok tumbuhkan sektor industri kreatif untuk gaet investor
 
"Ini salah satu cara untuk kita memperkenalkan brand-brand lokal dan bersaing dengan brand-brand nasional yang lain," katanya.
 
Kegiatan pelatihan digital ini juga diinisiasi Komunitas Rumah Kreatif Belimbing (RKB) berkoolaborasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok.
 
"DigitalUp ini dirancang oleh Rumah Kreatif Belimbing sudah sejak tahun 2022. Jadi setiap tahun itu kegiatan semacam ini, tahun ini merupakan penyelenggaraan keempat kalinya," katanya lagi.
 
Menurut Martin, Rumah Kreatif Belimbing dengan program DigitalUp sangat membantu pemerintah dalam memfasilitasi para pelaku usaha belajar dunia digital.

Baca juga: Asosiasi Industri Kreatif Depok siap bantu majukan IKM

Materi pelatihannya, dari marketing, pengelolaan maupun sektor digital yang lain, sehingga bisa meningkatkan kualitas produk yang para pelaku usaha.
 
"Pemkot Depok mengapresiasi Rumah Kreatif Belimbing, sebab programnya dapat memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha," ujarnya lagi.
 
Tidak hanya digelar di tingkat kota, Rumah Kreatif Belimbing juga akan mengajak pelaku usaha melakukan roadshow atau semacam studi tiru di kota lainnya. Agar para pelaku usaha dapat membandingkan produk, bahkan mendapatkan inspirasi dari produk di tempat lain.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024