Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji meminta kepada seluruh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi yang baru saja dilantik menjaga tren sukses dalam menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu).

"Kesuksesan dalam menyelenggara yang telah dilakukan oleh Komisioner KPU Kota Sukabumi sebelumnya harus dilanjutkan oleh yang baru, tentunya torehan prestasi ini harus menjadi contoh sehingga pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Sukabumi berjalan dengan lancar dan sukses," katanya di Sukabumi pada Minggu (14/1).

Menurut Kusmana, tolok ukur pemilu bisa dikatakan sukses tidak hanya sebatas terselenggara secara aman saja, tetapi mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pemilu.

Baca juga: Menjaga partisipasi pemilih pemilu tetap tinggi di Kota Sukabumi
Baca juga: Sekda Sukabumi tinjau kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara

Kemudian angka partisipasi warga yang meningkat, selanjutnya warga menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani tanpa terbebani iming-iming atau pemberian serta menghasilkan pemilu yang berkualitas.

Selain itu, Pemkot Sukabumi dan pemangku kepentingan lainnya turut memberikan dukungan kepada KPU Kota Sukabumi agar pelaksanaan setiap tahapan pemilu berjalan dengan sukses dan lancar.

"Kami berharap kualitas hasil Pemilu 2024 ini bisa lebih baik dibandingkan dengan Pemilu 2019. Berbagai program yang telah dilaksanakan komisioner yang lama bisa dilanjutkan ataupun menambah program-program baru demi terciptanya pemilu yang berkualitas," tambahnya.

Baca juga: Perkuat soliditas lintas sektoral Kapolres Sukabumi Kota menjamin Pemilu 2024 aman

Di sisi lain, Kusmana mengatakan pelaksanaan pemilu yang tinggal satu bulan lagi tentunya memicu suhu politik yang semakin memanas. Untuk itu, Pemkot Sukabumi terus berupaya melakukan berbagai koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk memastikan keamanan dan kelancaran.

Meskipun tugas bertambah berat, namun pihaknya optimistis pelaksanaan pemilu terselenggara dengan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara, Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan pihaknya memastikan bertanggung jawab dalam menjalankan seluruh tahapan pemilu dengan adil, transparan dan demokratis serta menjaga soliditas dengan berbagai pihak terkait, termasuk partai politik, masyarakat dan media massa dalam membangun kepercayaan dan mendukung keberlangsungan demokrasi di Kota Sukabumi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024