Sukabumi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat senantiasa berupaya mewujudkan progam "Smart City" atau Kota Cerdas untuk mempermudah warganya dalam mengakses segala kebutuhan khususnya tentang kebijakan pemerintah.

"Smart City akan menyediakan berbagai data khususnya program unggulan, prioritas, profil dan tupoksi sertiap perangkat daerah hingga kelurahan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Sukabumi Gabriel M Sukarman di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, untuk menunjang progam Smart City ini harus ditunjang dan menggunakan sistem teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan pihaknya.

Selain itu dengan adanya progam ini dapat mempermudah sekaligus meningkatkan serta efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada warga. Lanjut dia, juga untuk mengefektifkan pemanfaatan sumber daya daerah serta berkomunikasi secara aktif dengan warga menggunakan TIK digital.

Program Sukabumi Smart City ini merupakan salah satu konsep Kota Cerdas sebagai salah satu alternatif penyelesaian masalah perkotaan sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, canggih dan pintar.

"Era globalisasi yang semakin maju ini harus diimbangi oleh pelayanan pemerintah kepada masyarakat dengan memanfaatkan arus informasi secara digital sehingga pelayanan kepada warga akan lebih cepat dan maksimal," tambahnya.

Gabriel mengatakan konsep Sukabumi Smart City ini tidak hanya diterapkan pada berbagai perangkat saja akan tetapi juga pada berbagai sistem dan tatanan untuk mempermudah warga mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan tepat.

Kecanggihan teknologi yang akan tertuang dalam konsep Smart City ini juga untuk menangkal serangan hoak yang semakin "membabi buta" berseliweran di dunia maya. Bahkan, pemkot dan kepala daerah setempat juga kerap menjadi korban hoak.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017