Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari PDIP Dapil Jawa Barat V Kabupaten Bogor, Anang Hermansyah bersama istrinya, Ashanty memberikan materi pada Jambore UMKM-IKM Kabupaten Bogor Volume II di Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Senin.

"UMKM merupakan bisnis yang bertahap untuk sampai ke titik sukses, salah satu sarana pendukung maju nya UMKM adalah promosi produk. Saat ini media sosial merupakan sarana efektif untuk melakukan promosi produk UMKM yang gratis," ungkap Anang.

Acara yang di ikuti oleh perwakilan UMKM dan IKM dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor ini di gelar selama 2 hari, diisi dengan pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan penjualan produk. 

Anang memberikan materi berupa tips dan trik digital marketing untuk produk UMKM serta tahapan meningkatkan kualitas produk dan bantuan permodalan. Kemudian, Anang memberikan masukan mengenai kelengkapan administrasi bagi pelaku UMKM yang menjadi syarat mutlak.

Menurut dia, dengan memiliki prasyarat yang lengkap, pelaku UMKM mendapatkan kesempatan untuk menerima bantuan dari pemerintah maupun bank yang memiliki program kredit UMKM.

"Pelaku UMKM wajib memiliki NIB dan NPWP, karena ini menjadi syarat bagi pelaku UMKM agar mendapat bantuan dari pemerintah dan pinjaman dari bank,” terang Anang.

Ashanty yang hadir menemani Anang pun turut mempromosikan produk UMKM melalui media sosialnya.

"Saya akan selalu membantu dan mensupport seluruh produk UMKM, tetapi dengan seleksi. Selain produk berkualitas, kemasan yang menarik menjadi suatu kewajiban agar produk terlihat menarik pembeli,” kata Ashanty. 

Ashanty juga berpesan kepada seluruh peserta jambore untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas produk produknya, dan selalu semangat dalam setiap kali mendapat tantangan.

"Tidak ada kesuksesan yang didapat tanpa proses, semakin kita ulet, telaten dan konsisten untuk menjaga dan meningkatkan produk UMKM. Saya yakin kita akan sampai ke titik sukses,” jelasnya.

 

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023