Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Papua mengerahkan 148 tenaga kebersihan untuk membersihkan Kota Sentani menjelang Natal 2023.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Saverius Manangsang di Sentani, Jumat, mengatakan seluruh tenaga kebersihan dikerahkan untuk membersihkan Distrik Sentani, Sentani Timur dan Waibhu pada Desember 2023.

“Tenaga kebersihan yang terdata semuanya berjumlah 148, dan semuanya terlibat dalam pembersihan sampah baik itu di selokan maupun di bak-bak sampah untuk diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA),” katanya.

Baca juga: DLH Jayapura terus pupuk kesadaran warga Kota Sentani jaga lingkungan

Menurut dia, dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada mampu untuk menangani lonjakan jumlah sampah saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Ini bukan kali pertama kami menghadapi hari besar keagamaan, tetapi hampir setiap tahu dialami sehingga dipastikan semua tidak ada masalah mengenai masalah persampahan,” ujarnya.
Menjelang Natal saat ini pihaknya meningkatkan intensitas pekerjaan kebersihan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Dalam penanganan kebersihan di beberapa locus kerja terutama di saluran got atau selokan di pasar lama Sentani yang biasa menjadi tempat tergenang air saat hujan karena menumpuk nya sampah plastik diintensifkan dengan bantuan anggota TNI dan polisi,” katanya.

Baca juga: DLH Kabupaten Jayapura fokus benahi tata kelola penanganan sampah

Dia menambahkan dengan semua petugas kebersihan DLH dikerahkan maka sampah saat Natal 2023 Tahun Baru 2024 bisa dikendalikan meskipun terjadi hujan.

“Kita sudah sepakat bahwa kalau terjadi lonjakan volume sampah saat Natal maupun tahun baru maka waktu kerja akan ditambah juga, misalnya satu hari hanya sekali angkut sampah ke TPA bisa ditambah menjadi dua atau tiga kali,” ujarnya.
 

Pewarta: Yudhi Efendi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023