Jakarta (Antara Megapolitan) - PSSI menyiapkan tim nasional putri untuk tampil dalam laga Piala AFF Wanita di Thailand pada Mei 2017. Seleksi tim nasional putri akan digelar pada 8-16 Maret.

Anggota Exco Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Papat Yunisal mengatakan, seleksi tersebut bersifat undangan atau invitasi dan diikuti oleh delapan asosiasi provinsi (asprov) yang sebelumnya berkompetisi dalam Piala Pertiwi 2014 seperti Papua, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Saat ini asprov-asprov yang diundang sedang melakukan penyaringan untuk menemukan 25 pesepak bola berusia 15--28 tahun yang bakal diikutkan seleksi.

Selain asprov, penyaringan nasional itu juga akan melibatkan dua tim tambahan masing-masing dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan satuan Polisi Wanita (Polwan).

"Ini sesuai arahan dari Ketua Umum PSSI. Kalau dari TNI dan Polri, dari sisi postur dan fisik mereka sudah baik," tutur Papat.

Ada 30 pesepak bola hasil seleksi yang nantinya dipersiapkan untuk Piala AFF 2017. Setelah itu mereka langsung terlibat dalam pemusatan latihan (TC) sampai kemudian berangkat ke Thailand sekitar tanggal 24 Mei 2017 atau dua hari sebelum kompetisi dimulai.

Selain harus berusia 15--28 tahun, karena AFF Wanita tidak ada batasan umur, PSSI juga mencari pemain dengan tinggi badan di kisaran 160 cm.

"Ini perlu agar kita bisa bersaing karena negara-negara lain seperti Laos sudah melakukannya," tutur Papat. 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017