Hujan deras disertai angin kencang dan petir menyebabkan rumah warga di Kampung Lenglangsari, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, roboh, pada Kamis.
 
"Tidak ada korban luka apalagi jiwa pada kejadian robohnya rumah milik Yoyoh warga RT 01/01, Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, tersebut," kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria di Sukabumi, Kamis.
 
Dari hasil asesmen Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parakansalak, kata dia, rumah yang dihuni empat jiwa itu rusak pada bagian dapur dan depan akibat terjangan angin kencang saat turun hujan lebat.

Baca juga: Cuaca buruk sebabkan bencana tanah longsor dan pohon tumbang di Sukabumi
Baca juga: Sambaran petir sebabkan kerusakan atap satu rumah warga di Kawungluwuk Sukabumi
 
Diduga robohnya bangunan itu, lanjutnya, akibat kayu penahan sudah keropos sehingga tidak bisa lagi menahan derasnya hujan yang disertai angin kencang.

Saat kejadian seluruh penghuninya berada di dalam rumah dan beruntung material bangunan bagian depan dan dapur rumah tersebut tidak menimpa mereka.
 
"Tidak ada yang mengungsi pada kejadian ini dan untuk perbaikan sementara sudah dilakukan oleh petugas gabungan dari P2BK Parakansalak bersama unsur TNI dan Polri yang dibantu warga sekitar," ucapnya.

Baca juga: Bencana longsor dan angin puting beliung landa Sukabumi
 
Sandra mengatakan sepanjang November 2023 ini hampir setiap hari pihaknya menerima laporan kejadian bencana dari P2BK yang bertugas di setiap kecamatan.
 
Mayoritas bencana yang dipicu cuaca buruk, kata dia, adalah tanah longsor dan angin kencang/puting beliung. Namun hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan ada korban jiwa yang ditimbulkan dari kejadian tersebut.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023