Biak (Antara Megapolitan) - Arus kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke wilayah paling timur Indonesia yaitu Provinsi Papua dan Papua Barat selama tahun 2016 mencapai 3,5 juta orang.

"Wilayah favorit destinasi kunjungan wisatawan ke Papua, di antaranya Wamena, Biak, Jayapura, Mimika, Merauke, Asmat serta beberapa kabupaten lain di pengunungan tengah Papua," ujar Kasi Pengembangan dan Promosi Wisata Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Papua Hans Menanti, di Biak, Rabu.

Sedangkan untuk daerah favorit tujuan wisata di wilayah Provinsi Papua Barat, menurut Hans, yakni Kabupaten Raja Ampat, Sorong, Teluk Bintuni, Manokwari serta beberapa kabupaten lain di wilayah pemekaran setempat.

Hans menyebutkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnu) ke berbagai wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat selama 2016 mencapai lima juta orang, tertinggi adalah aparatur sipil negara karena menjalankan tugas kedinasan keluar daerah setempat.

Urutan kedua kunjungan wisnu itu, lanju Hans, dilakukan kalangan dunia usaha/swasta yang melakukan perjalanan bisnis untuk kegiatan usaha bersangkutan.

Diperkirakan pada tahun 2017, lanjut Hans, jumlah arus kunjungan turis mancanegara dan wisnu ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat akan mengalami peningatkan signifikan.

"Peningkatan kunjungan turis mancanegara ke Indonesia khususnya di Provinsi Papua dan Papua Barat karena telah diberlakukan bebas visa bagi sejumlah negara berbagai dunia dengan target secara nasional 20 juta wisatawan," ujar Hans Menanti lagi.

Berbagai objek wisata yang masih menjadi favorit kunjungan wisatawan mancanagara di Papua, yakni keindahan alam laut dan kesenian budaya asli masyarakat adat Papua serta objek wisata peninggalan sejarah Perang Dunia II. (Ant).

Pewarta: Muhsidin

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017