Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berupaya menjadikan industri kecil dan menengah (IKM) sektor makanan dan minuman menjadi mitra industri besar agar dapat terus berkembang.

"Kami berharap tidak hanya IKM otomotif. Karena makanan saja yang sangat banyak untuk menjadi binaan perusahaan besar masih sangat susah," kata Wakil Ketua Umum Perindustrian, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bobby Gafur Umar di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pada 2024 mendatang sudah ada perusahaan yang mulai membuka diri untuk menjadikan IKM makanan sebagai mitra mereka, meskipun belum sebanyak pada IKM otomotif.

"Terakhir kami berbicara dengan beberapa perusahaan, mereka belum siap membina dan kami minta mulai tahun 2024 dengan skala kecil bisa ikut membina," tuturnya.

Bobby menambahkan program "IKM Closed Loop" yang sudah berjalan sejak 2022 telah berhasil membawa 32 IKM sektor otomotif bermitra dengan industri besar.

Kemitraan yang dibangun kata Bobby, diharapkan menjadikan IKM otomotif bisa naik kelas, begitu juga harapan untuk IKM sektor makanan.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023