Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (Sosmas BEM UI) mengadakan program edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan cek kesehatan masyarakat sekitar Universitas Indonesia. 

"Tidak hanya berhenti kesehatan saja, kami juga berusaha untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat yang dekat dengan UI melalui pendidikan
kreatif," kata Wakil Kepala Departemen Sosmas BEM UI 2023 Difa Alya di Depok, Senin.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilanjutkan dengan pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, dan tekanan darah. 

Baca juga: BEM UI resmi luncurkan program UI SDGs Summit

Kegiatan ini disambut baik dengan diikuti oleh 105 warga sekitar UI meliputi Kelurahan Pondok Cina dan Kukusan. Kegiatan ini juga turut diramaikan oleh lembaga kemahasiswaan lainnya yaitu Nursing First Aid (NuFA) FIK UI dan Center for Indonesian Medical Students' Activities (CIMSA) UI sebagai kolaborator kegiatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi dari rencana rangkaian inovasi Departemen Sosmas BEM UI 2023 yang ditujukan kepada masyarakat umum di daerah
sekitar UI. 

Acara ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar terkait kesehatannya, dapat memastikan masyarakat sekitar memiliki kehidupan yang sehat, serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar di segala usia. 

Baca juga: BEM UI dan Pemkot Depok kolaborasi upayakan pemerataan pendidikan

Selain itu, masyarakat sekitar pun juga diharapkan agar dapat selalu menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup yang baik guna menghindari penyakit degeneratif
dengan melakukan pemantauan rutin.

Berlangsung selama dua hari, hari kedua dari rangkaian kegiatan UI Untuk Sekitar yang jatuh pada tanggal 19 November 2023 pun juga tidak kalah meriah. 

Pada hari kedua ini difokuskan pada pada kesenian dengan sasaran kepada anak-anak dengan jenjang kelas PAUD-TK untuk melatih motorik mereka. 

Baca juga: BEM UI jajaki potensi kerja sama dengan Pemkot Depok

Selain anak-anak, para remaja yang memegang peran penting sebagai generasi penerus bangsa pun juga tidak luput dari perhatian Departemen Sosmas BEM UI 2023. 

Oleh karena itu, sesi materi dengan tema How to Be a Good Public Speaker sebagai sesi pamungkas pun ditujukan kepada para remaja Kelurahan Pondok Cina guna mengasah kemampuan mereka dalam melatih kepercayaan diri, penataan bahasa, dan berbicara di depan umum.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023