Relawan KawanJuang GP yang merupakan pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, membagikan ratusan paket makanan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Anggota Relawan KawangJuang GP Adi Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat, mengungkapkan bahwa pembagian sembako ini merupakan upaya mendekatkan Ganjar dan Mahfud kepada masyarakat luas.

Adi mengungkapkan, bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat umum dari berbagai profesi. Masyarakat penerima bantuan makan gratis ini berasal dari berbagai latar belakang profesi, antara lain pedagang, tukang ojek online, pedagang sayur, buruh, dan lainnya.

"Makan siang gratis ini ditebar hampir setiap hari, sebanyak ratusan paket," kata Adi.

Ia memastikan, meski gratis, makanan yang disajikan tetap mengedepankan nilai gizi seimbang, antara lain nasi, sayur mayur, dan protein hewani. 

Menurut dia, masyarakat yang menerima paket makan siang gratis saat ini hanya terbatas pada masyarakat yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Namun diharapkan masyarakat di Jawa Barat dan Bandung juga akan menerima paket serupa di masa mendatang.

Selain pemberian makanan gratis, relawan KawanJuang GP menggelar sejumlah acara untuk mengajak masyarakat mengenal Ganjar-Mahfud, calon presiden dan wakil presiden. Ribuan pemeriksaan kesehatan gratis diberikan kepada masyarakat di Jawa Barat, Banten, dan Jakarta setiap minggunya. Olahraga lainnya antara lain senam, bersepeda santai, dan jalan sehat.

Gizi Seimbang

Nutrisi merupakan komponen gizi mendasar yang diperlukan untuk perkembangan dan kesejahteraan tubuh. Komposisi makanan sehari-hari yang mencakup zat gizi dalam bentuk dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh—yaitu menurut jenis kelamin, usia, dan status kesehatan—disebut gizi seimbang.

Pola makan yang tidak seimbang dapat menyebabkan malnutrisi, termasuk anemia dan berat badan kurang, sedangkan kelebihan gizi atau obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, jantung koroner, dan hipertensi.

Empat pilar Prinsip Gizi Seimbang pada hakikatnya merupakan serangkaian inisiatif untuk menyeimbangkan zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan zat gizi yang keluar melalui pemantauan berat badan secara berkala.

Berikut empat pilar gizi seimbang:
1.    Makanlah berbagai makanan dalam jumlah yang seimbang, termasuk protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.
2.    Kembangkan kebiasaan hidup bersih.
3.    Lakukan olahraga teratur.
4.    Untuk menjaga berat badan tetap normal, lakukan pengecekan berat badan (BB) secara berkala.

Kesulitan gizi dapat dihindari dengan mematuhi pedoman pola makan sehat, olahraga teratur, pola hidup bersih, dan menjaga berat badan normal.

Sulitnya memperoleh asupan gizi seimbang dengan hanya mengonsumsi satu jenis makanan; sebaliknya, makanan tersebut harus terdiri dari berbagai jenis makanan. Penting untuk memilih makanan sehat selain kenikmatan saat memutuskan berapa banyak makanan yang akan dimakan, terutama untuk anak-anak.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023