Korps Lalu Lintas Kepolisian (Kakorlantas) tengah membahas pemasangan kamera penghitung atau kamera penghitung kendaraan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Rizky Guntama di Cibinong, Bogor, Kamis, mengungkapkan pemasangan kamera penghitung kendaraan rencananya akan dipasang Korlantas Polri pada bulan depan.

"Saya masih belum tahu konsepnya. Tapi saya dapat bocorannya dalam bulan ini (penghitungan kamera) akan dipasang," kata AKP Rizky.

Menurutnya, pemasangan kamera ini akan membantu Polisi dalam mengendalikan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar jalur Puncak. Namun AKP Rizky mengaku belum mengetahui lokasi pemasangan kamera counter kendaraan tersebut.

“Kita belum tahu apakah (dipasang) di tol atau di Pospol Gadog, atau dipasang di mana, saya belum tahu, tapi sudah ada pembicaraan,” ujarnya.

AKP Rizky menyebutkan pemasangan kamera penghitung kendaraan akan mempermudah kerja Polri dalam menentukan tindakan berdasarkan data jumlah kendaraan yang masuk dan keluar jalur Puncak.

Sebab, jalur wisata yang juga menghubungkan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur ini kerap ramai dikunjungi kendaraan dari luar kota. Terutama saat akhir pekan dan libur panjang.

Hingga saat ini, Polres Bogor hanya mengandalkan data kendaraan di kawasan Puncak melalui catatan pintu keluar Tol Ciawi. Namun data tersebut belum bisa dijadikan patokan mengingat pintu keluar Tol Ciawi juga dilintasi kendaraan yang menuju Tol Bocimi.

Mudah-mudahan dengan adanya kamera penghitung akan memudahkan kita dalam memperhitungkan bagaimana menyikapi jika terjadi kemacetan di Puncak, kata AKP Rizky.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023