Puluhan personel Polres Sukabumi Kota berlatih akurasi dan insting menembak untuk mengasah kembali keahlian menembak mereka saat mengikuti pelatihan dan peningkatan kemampuan menembak di lapang tembak Wira Satya Adhipradana Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Rabu.

"Pelatihan dan peningkatan kemampuan menembak ini dilaksanakan selama tiga hari dari 1 hingga 3 November," kata Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih.

Menurut Astuti, pelatihan ini tentunya sangat penting dan harus rutin dilaksanakan agar keahlian dan akurasi menembak terjaga dan meningkat. Pelatihan ini pun wajib diikuti oleh personel Polres Sukabumi Kota apalagi mereka yang bertugas di lapangan maupun yang berhadap dengan pelaku kejahatan.

Setiap anggota Polri tentunya harus memiliki keahlian dalam menembak meskipun tidak seluruh personel dibekali senjata api dinas, karena harus menjalani berbagai pemeriksaan dan pengujian serta dinyatakan layak. 

Selain itu, penggunaan senjata api dinas ini hanya boleh saat keadaan tertentu, antara lain dalam kondisi darurat di mana personel terancam keselamatannya saat sedang bertugas melakukan penangkapan pelaku kejahatan serta melindungi masyarakat dari berbagai ancam yang bisa membahayakan keselamatan. 
 
"Pelatihan ini Polres Sukabumi Kota bekerjasama dengan Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi dan kegiatan ini harus diikuti oleh seluruh personel Polri yang bertugas di Polres Sukabumi Kota," tambahnya.

Astuti mengatakan pelatihan dan peningkatan kemampuan menembak ini rutin dilaksanakan untuk meningkatkan keahlian personel dalam menggunakan senjata api dinas. 
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023