PT Pertamina EP (PEP) Field Tambun menyalurkan bantuan 128.000 liter air bersih kepada warga terdampak kekeringan di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Semoga bantuan yang diberikan ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar terdampak kekeringan," kata Senior Manager PEP Tambun Field Gondo Irawan di Kabupaten Bekasi, Rabu.

Dia mengatakan penyaluran bantuan ini sebagai wujud kepedulian perusahaan yang merasakan keprihatinan kepada warga sekitar daerah operasi yang turut terdampak langsung bencana kekeringan.

Baca juga: 7 juta liter lebih air bersih telah disalurkan kepada warga di Bekasi
Baca juga: Pemkab Bekasi anggarkan bantuan air bersih pada APBD perubahan 2023

Perusahaan yang merupakan bagian dari Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina ini bekerja sama dengan masing-masing pemerintah desa setempat dalam penyaluran bantuan air bersih.

Bantuan itu didistribusikan ke sejumlah titik wilayah terdampak kekeringan mulai dari Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya dan Desa Buni Bakti, Pantai Hurip serta Muara Bakti di Kecamatan Babelan.

Kepala Desa Muara Bakti Asmawi mengatakan bantuan air bersih ini sangat dinantikan warga mengingat kemarau panjang mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan air bersih.

"Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih banyak kepada Pertamina EP Tambun Field. Semoga bantuan ini membawa berkah bagi kita semua," katanya.

Baca juga: Dinkes Bekasi salurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi mencatat sebanyak 178.176 jiwa dari 53.246 kepala keluarga yang tinggal di 47 desa dan 11 kecamatan terdampak bencana kekeringan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis mengatakan pasokan air bersih terus didistribusikan kepada warga terdampak kekeringan bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait.

"Total sebanyak 7.765.300 liter air bersih telah disalurkan kepada warga terdampak dan kami masih akan terus mendistribusikan bantuan ini karena air memang menjadi kebutuhan utama warga," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023