Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengkampanyekan cuci tangan pakai sabun untuk membangun gaya hidup sehat warga sebagai sesuatu yang sederhana dilakukan tetapi cukup besar dampaknya untuk kesehatan tubuh.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat peringatan hari Cuci Tangan Sedunia Pakai Sabun di Posyandu Bougenville, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Senin, menuturkan kebiasaan mencuci tangan memakai sabun perlu diterap mulai dari anak-anak hingga dewasa dalam menjaga kesehatan.

"Itu dianalogikan seperti tetesan air ke batu, lama-lama batunya 'legok' juga. Hidup sehat itu mudah, sangat sederhana. Cuci tangan itu sederhana, tapi kalau konsisten dilakukan itu akan berimbas pada pola hidup yang lain. Jadi ini adalah tentang membangun kebiasaan," ujarnya.

Baca juga: Hari Cuci Tangan se-Dunia diperingati anak-anak di Kota Bogor dengan antusias
Baca juga: Dinkes sosialisasikan cuci tangan dapat cegah stunting

Menurut Bima, peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Pakai Sabun tahun 2023 tingkat Kota Bogor yang dikolaborasikan dengan Posyandu Fest menggambarkan bahwa posyandu harus selalu aktif.

"Karena sebetulnya posyandu itu tidak hanya identik dengan balita, tapi semuanya kita layani di situ, ibu hamil, lansia di situ juga, tapi memang posyandu ini selain harus aktif juga harus inovatif," jelasnya.

Bima Arya menilai penting untuk terus mendorong kebutuhan logistik posyandu dan kader untuk menambah semangat dan konsisten melakukan inovasi.

Selain itu, kata dia, peringatan Hari Cuci Tangan ini merupakan hal penting untuk terus membangun kebiasaan sejak dini.

Baca juga: Dinkes Masifkan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun

Dia mengajarkan langsung cara mencuci tangan kepada anak-anak sekolah dasar bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno, Camat se-Kota Bogor, PKK, dan para kader.

Dalam kegiatan itu, posyandu remaja juga melaksanakan sosialisasi dengan menggunakan tarian isi piringku. Bima Arya juga mengecek langsung pelayanan tujuh meja di Posyandu Bougenville.*

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023