Ketua Umum KONI Provinsi Jawa Barat M Budiana menyatakan Kabupaten Bekasi menjadi contoh pembinaan atlet jangka panjang melalui ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang digelar daerah itu pada 11-15 Oktober 2023.

Ia menyatakan program kerja Kabupaten Bekasi ini sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dicanangkan pemerintah pusat sebagai acuan pengembangan olahraga di Indonesia.

"Apresiasi untuk semangat stakeholder Kabupaten Bekasi mulai dari Bupati, KONI, Disbudpora. Termasuk dalam pembinaan jangka panjang, pola ini menjadi bagian dari itu agar simultan dengan program DBON pusat," katanya saat menghadiri pembukaan Porkab Bekasi 2023 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Rabu.

Baca juga: Bupati resmi buka Porkab Bekasi 2023
 
Ketua Umum KONI Provinsi Jawa Barat M Budiana memberikan sambutan pada pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten Bekasi 2023 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Rabu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).


Dia mengatakan ajang Porkab Bekasi 2023 menjadi komitmen mewujudkan program pembangunan sumber daya manusia, terlebih dari sisi olahraga prestasi, Kabupaten Bekasi sukses menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022.

Menurut dia ajang ini menjadi upaya Kabupaten Bekasi untuk terus mempertahankan prestasi juara umum pada Porprov Jawa Barat berikutnya.

"Tentu dalam persiapan menyelenggarakan Porprov ke-15 nanti di Kota Bogor dan sekitar, Kabupaten Bekasi juga pasti berusaha mempertahankan supremasi tersebut," ucapnya.

Baca juga: 15 cabang olahraga dipertandingkan di ajang Porkab Bekasi 2023

Dia juga berharap penjaringan calon atlet Kabupaten Bekasi dilakukan dengan baik melalui ajang ini sehingga melahirkan atlet profesional yang bisa memperkuat kontingen Jawa Barat di level nasional.

"Kami dari KONI Jawa Barat, bagi kami kekuatan inti Jawa Barat juga berasal dari atlet-atlet Kabupaten Bekasi," katanya.

Budiana mengaku Porkab Bekasi 2023 sejalan dengan persiapan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada September 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

"Tentunya agar atlet-atlet Kabupaten Bekasi masih bisa mempertahankan harkat dan martabat Jawa Barat di PON mendatang. Bulan Januari 2024 kami akan mengadakan pemusatan latihan daerah di sejumlah tempat di Jawa Barat," katanya.

Baca juga: KONI Kabupaten Bekasi gelar Porkab 2023 jaring bibit atlet potensial

Terakhir Budiana mengucapkan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi yang telah berkontribusi dengan mendukung penuh program KONI Kabupaten Bekasi.

"Terima kasih Pak Bupati Bekasi dan Ketua KONI Kabupaten Bekasi yang telah menghasilkan atlet-atlet Jawa Barat yang luar biasa ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023