Polres Kabupaten Karawang mulai mempersiapkan pengamanan Pemilu 2024 untuk mengantisipasi setiap potensi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Persiapan kini sudah dipersiapkan melalui kegiatan rapat koordinasi kesiapan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa rapat koordinasi kesiapan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 digelar untuk mempersiapkan pengamanan saat menjelang hingga pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Karawang.

Baca juga: 694 personel disebar amankan TPS di Karawang

Selain itu juga membahas persiapan pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ia mengatakan, jajaran Polres Karawang akan mempersiapkan akan melakukan persiapan dan melakukan antisipasi segala potensi ancaman gangguan kamtibmas.

"Kita harus siap siaga, mengantisipasi dan mempersiapkan segala potensi ancaman gangguan kamtibmas yang terjadi pada setiap tahapan pemilu. Sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan baik aman dan damai," kata Kapolres.

Baca juga: Polres Sukabumi gelar simulasi pengamanan pemilu 2024 jika terjadi situasi darurat

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 di Karawang, kata dia, pihak kepolisian akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum serta Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga penyelenggara pemilu.

Sementara itu, saat ini tahapan pemilu tengah berlangsung. Tahapan pemilu saat ini ialah penyusunan daftar calon tetap anggota legislatif.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Karawang mengumumkan bahwa jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (dpt) pada pemilihan umum (pemilu) 2024 di Karawang mencapai 1.779.207 pemilih.

Baca juga: Ratusan prajurit TNI Bekasi siap amankan pemilu

Jumlah dpt yang sebanyak 1.779.207 orang itu tersebar di 30 kecamatan sekitar Karawang. Rinciannya ialah laki-laki sebanyak 893.869 orang dan 885.338 perempuan.

Pada pemilu 2024 nanti, KPU Karawang menyiapkan sebanyak 6.890 tempat pemungutan suara (tps), yang tersebar di 309 desa/kelurahan sekitar Karawang.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023